Mohon tunggu...
Fachrudin Alfian Liulinnuha
Fachrudin Alfian Liulinnuha Mohon Tunggu... Administrasi - Hanya sekedar freelance

Hanya ingin sekedar berbagi, bukan menggurui....

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Belajar Mengenal Diri Sendiri dari "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini"

24 Januari 2020   19:16 Diperbarui: 24 Januari 2020   19:23 668
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Keluarga ini sesungguhnya sudah lama kehilangan saya..." 

Kalimat sederhana yang keluar dari mulut Aurora ini terasa menyayat dan mengiris hati saya, dan tak terasa ada sedikit lelehan air mata yang mengalir. Sebagai sesama anak tengah, apakah saya merasakan apa yang juga dirasakan oleh Aurora. Atau mungkin kalau saya jadi Aurora, mulut ini sepertinya otomatis akan mengatakan seperti ini "Saya sesungguhnya sudah lama menghilang dari keluarga ini..." 

Aurora dan keluarganya yang ada di film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) seperti membangun sebuah komunikasi yang terasa nyata kepada saya dan khususnya kepada para penonton yang memenuhi sebagian kursi biosop XXI Sleman City Hall pada sabtu siang itu (18/01/20). Lalu seberapa hebatnya sih film NKCTHI hingga diklaim bisa buat banjir air mata dan sampai saat ini sudah sudah menghasilkan 2 juta penonton. 

NKCTHI  bermula dari buku karya Marchella FP yang  berisi kumpulan quotes dan pesan pribadi dari seseorang yang ingin disampaikan kepada anak dan cucunya di masa depan. Buku yang terbit pada tahun 2018 tersebut sukses dan laris manis di pasaran, pesan-pesan yang disampaikan didalamnya begitu terasa dan mengena karena sangat relate dengan segala problem dan masalah yang menimpa kehidupan manusia. Dari buku kemudian sempat diangkat menjadi web series di Youtube, NKCTHI akhirnya bisa terwujud menjadi sebuah film layar lebar yang diproduksi oleh Visinema Pictures dengan sutradara Angga Dwimas Sasongko dan sudah tayang di bioskop sejak 2 Januari 2020. 

"Setiap keluarga punya rahasia", itulah kalimat andalan yang menjadi jargon dari film NKCTHI. Kata rahasia menjadi kata kunci untuk menggiring kita mengikuti sebuah kisah keluarga sederhana yang berkecukupan, atau bisa dikatangan sebagai kalangan menengah keatas. Tapi disuatu waktu, ada sebuah cobaan yang datang menghantam sehingga membuat jalinan keluarga ini sempat goyah karena sang ayah ternyata memendam sebuah rahasia besar selama puluhan tahun, ia ingin keluarganya tetap bahagia tanpa harus mengetahui rahasia tersebut. Ketika rahasia sudah terbongkar, yang tersisa hanyalah tangisan, kekecewaan, kehilangan dan perasaan yang remuk-redam tak karuan. 

instagram.com/filmnkcthi
instagram.com/filmnkcthi

 Narendra (Donny Damara), Ajeng (Susan Bachtiar) dan tiga anaknya yaitu Angkasa (Rio Dewanto), Aurora (Sheila Dara Aisha) dan Awan (Rachel Amanda) adalah keluarga harmonis dan mapan, semuanya seolah sudah tercukupi karena para anaknya sudah memiliki pekerjaan sendiri-sendiri. Angkasa bekerja di Event Organizer konser, Aurora menjadi seorang seniman dan Awan bekerja di perusahaan arsitek. Sisi lemah dari keluarga ini terkuak karena perbedaan sikap Narendra kepada ketiga anaknya.

Dia terus menekankan kepada si sulung Awan bahwa kedua adiknya adalah tanggung jawabnya. Dimanapun dan kapanpun Angkasa harus memastikan adik-adiknya aman dan baik-baik saja. Aurora sebagai anak tengah merasa terpinggirkan dan tidak pernah dianggap ada karena merasa keluarganya hanya berfokus pada Awan saja.  Awan si anak bontot dan paling di manja, dia merasa dikekang oleh ayahnya. Semua pilihan dan keputusan hidupnya seolah-olah tidak bisa ia putuskan sendiri. 

Rasa terbebani, terpinggirkan dan terkekang membuat ketiga anak ini dalam satu momen mengeluarkan pemberontakan tentang apa yang selama ini dirasakannya. Di momen itu juga, terkuak rahasia besar yang sudah lama tersimpan dalam keluarga ini. Lalu apakah rahasia itu? Jawabannya bisa didapatkan dengan menonton film NKCTHI di bioskop kesayangan kamu, hehehe...

*****

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun