Mohon tunggu...
Rininda Mahardika
Rininda Mahardika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi bukanlah jalan untuk memperoleh kesenangan serta mengisi waktu luang belaka. Hobi merupakan ruang untuk menampung segala skill non akademis di setiap insan. Tidak peduli kau suka menulis ataupun menggambar. Semuanya akan menjadikan pundi-pundi uang atau bahkan media pembelajaran bagi siapa saja yang mengasahnya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Membentuk Karakter Good Citizenship Era 4.0

28 November 2022   12:04 Diperbarui: 28 November 2022   15:42 277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelompok 3-Di era serba digital ini semakin hari semakin marak pengguna sosial media yang kurang bijak dalam menyikapi berbagai hal yang terjadi di negara, baik dalam dunia maya atau pun tidak. Hal tersebut diantaranya disebabkan oleh minimnya rasa nasionalisme, minimnya toleransi antar warna negara atau masyarakat, banyaknya westernisasi yang terjadi dimasyarakat, dan juga sifat acuk tak acuh atau apatis dan  tidak peduli terhadap negara. Hal tersebut terlihat dari berbagai kelakuan atau tindakan masyarakat di dalam bersosial media, terutama sosial media yaitu instagram yang mana kebanyakan warga negara atau masyarakat pengguna instagram hanya berkomentar buruk atau hanya memberi hujatan terhadap permasalahan yang ada, tanpa berfikir terbelebih dahulu mengapa masalah tersebut bisa terjadi di negara. 

Oleh karena hal itu masyarakat butuh penguatan nasionalisme dan toleransi, agar terlepas dari rasa apatis dan westernisasi yang semakin menjadi-jadi. Hal ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk menanggulangi hal tersebut, oleh karenannya projek ini menggunakan platform berupa aplikasi sosial media yaitu instagram untuk membuat dan menyebarkan konten-konten edukasi mengenai pentingnya menjadi warga negara yang baik dan bijak dalam bersosial media. 

Dengan membuat konten seperti update isu terkini, konten mengenai moralitas warga negara yang baik, taat aturan, sadar hukum, demokratis, keberagaman budaya di indonesia dan lain sebagainya, supaya rasa nasionalisme dan toleransi masyarakat dapat timbul kembali, serta westernisasi dan rasa apatis masyarakat dapat hilang, terutama pada masyarakat pengguna sosial media instagram. Dengan hal tersebut diharapakan dapat terbentuknya good citizenship atau kewarganegaraan yang baik di warga negara indonesia.
Kata kunci : sosial media, instagram, good citizentship


In this digital era, there are more and more social media users who are less wise in responding to various things that are happening in the country, whether in cyberspace or not. This is caused, among others, by the lack of a sense of nationalism, the lack of tolerance between colors of the state or society, the large amount of westernization that occurs in society, and also the indifference or apathy and indifference to the state. This can be seen from the various behaviors or actions of the community in social media, especially social media, namely Instagram where most citizens or people who use Instagram only make bad comments or only give blasphemy against existing problems, without thinking in advance why these problems can occur in country. 

Because of this, the community needs to strengthen nationalism and tolerance, so that they can escape the feeling of apathy and westernization that are increasingly rampant. It is the responsibility of all of us to overcome this, therefore this project uses a platform in the form of a social media application, namely Instagram to create and disseminate educational content about the importance of being a good and wise citizen in social media.

By creating content such as updates current issues, content regarding the morality of good citizens, obeying rules, aware of the law, democracy, cultural diversity in Indonesia and so on, so that a sense of nationalism and tolerance in society can reappear, as well as westernization and a sense of community apathy can disappear, especially in the user community instagram social media. With this, it is hoped that good citizenship will be formed in Indonesian citizens.
Keywords: social media, instagram, good citizenship

Seperti yang kita tahu bahwa dizaman sekarang rasa nasionalisme atau rasa cinta tanah air masyarakat sudah mulai luntur, malahan rasa apatis atau tidak peduli terhadap negara lebih tumbuh dimasyarakat di zaman sekarang ini. Serta masyarakat indonesia sudah mulai kehilangan rasa toleransinya terhadap sesama dan lebih mencintai atau mendukung produk barat daripada produk asli indonesia, maka Kegiatan ini berfokus untuk mengedepankan pentingnya edukasi mengenai cara menjadi good Citizeship di era 4.0 , karna tujuan dari kegiatan ini ialah memberikan edukasi tentang pentingnya memiliki pengetahuan untuk menjadi warganegara yang baik di zaman sekarang ini. agar westernisasi, rasa intoleransi dan apatis hilang dan menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap masyarakat indonesia.

Sasaran masyarakat dari kegiatan ini pastinya ialah seluruh pengguna sosial media instagram yang mana ketika kegiatan ini terlaksana kami berharap para pengguna instagram tersebut dapat mengerti bahwa menjadi warga negara yang baik itu penting dan mereka juga dapat mengerti bagaimana menjadi warna negara yang baik. Supaya rasa nasionalisme, cinta produk dalam negeri, rasa peduli terhadap negara dan sesama, serta rasa toleransi tumbuh kembali didalam masyarakat indonesia. Karna dengan terciptanya good  Citizeship maka masyarakat dapat berkehidupan bermasyarkat dengan benar dan dapat menyikapi hal-hal yang terjadi di negara indonesia dengan baik.

Sumber Gambar: Dokumen pribadi
Sumber Gambar: Dokumen pribadi

Bentuk kegiatan itu sendiri seperti sosialisasi dengan perantara media sosial yaitu Instagram, dengan cara melalui feed IG , live IG yang membahas tentang rasa nasionalisme , kesadaran untuk mencintai tanah air, mengenalkan budaya budaya dengan menampilkan cuplikan video yang ada, dan mungkin juga kita akan adakan tanya jawab melalui instastory.

Baca juga: Pengamen Cilik

Materi menitikberatkan pada keberagaman Indonesia, mengangkat isu-isu terkini dengan topik hangat yang masih trending di beberapa situs media, serta cara-cara mentaati aturan sesuai ketentuan berlaku. Yang pastinya menganut nilai-nilai moral pancasila, menjunjung tinggi rasa nasionalisme, dan bagaimana cara kita untuk menjadi warga negara yang baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun