Mohon tunggu...
fabian setyawan
fabian setyawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - tugas artikel kewarganegaraan

tugas artikel kewarganegaraan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Belajar yang Asik, Tidak Hanya Dapat Ilmu tetapi Juga Pengalaman

28 April 2021   20:33 Diperbarui: 28 April 2021   20:57 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

assalamualaikum warohmatullohi wabarokatu.

halo lur, gimana kabarnaya?

kali ini aku akan bercerita tentang pengalamnku dan juga pendapatku selama belajar kewarganenaraan bimbingan pak Edi Purwanto, nahh gini lo

dulu saat mendengar tentang ppkn atau kewarganegaraan yang ada di benakku pasti merangkum merangkum dan merangkum dari buku paket aja, nahh perpektifku ini berubah sejak kuliah semester 2 ini, di mana kewarganegaraan dengan pak Edi Purwanto ini berbeda, karena disini kita diajarkan untuk menulis, wawancara, dan kreatif, jadi saya berkeliling atau menjelajahi ke tempat-tempat, saya tidak hanya dapat pengalaman yang asik tapi juga pengetahuan.

nahh, saya akan bercerita tentang pengalaman saya selama ini, pengalaman yang pertama ini ketika saya wawancara dan menulis artikel tentang budaya ya.., lahh yang unik disisni yang saya wawancarai adalah pak Anang Novianto salah seorang seniman di daerah saya, nahh pak anang ini dulu adalah guru seni saya selama smp dan sekarang malah jadi temenku,hehe, jadi waktu saya wawancarai sambil nyantai-nyantai dan bergurau jadi ga tegang, dan waktu itu saya kan tanya tentang asal usul budaya, orangnya itu kalo jelaskan terperici,hehe

yang kedua itu ketika saya pergi ke dusun ngaro Desa ledok Kec. tutur ,nahh saat itu saya tidak sendiri karena saya ditemani kakak sepupu saya, yang seorang wartawan ,muehehehe. pada saat itu saya mewawancarai ibu Sunarsih yang merupakan salah satu tokoh agama Hindu di sana, aku tidak hanya belajar belajar tentang wawancara dan juga menulis saja, akan tetapi saya juga belajar banyak hal tentang agama hindu disana, seperti bagaimana umat Hindu beribadah, tingkatan atau kasta dalam pure, keseharian dan juga bagaimana umat Hindu beribadah selama masa pandemi,

kemudian yang ketiga ini tentang orang tua ya, disisni saya ga perlu mewawancarai ayah atau inu saya, karena saya sudah tau tentang kisah heroik beliau, oh ya saya waktu menulis artikel ini saya di liat atau di temenin sama ibu saya, jadinya saya agak2 malu, habisnya ibu saya liat sambil senyum senyum gitu, hehe

kemudian yang keempat adalah tentang guru, nahh ini yang menurutku paling sulit,kenapa? karena saya saat itu sangat sulit untuk menemui guru-guru saya, ada yang lagi keluar kota, ada yang sibuk, sebagian saya ga tau rumahnya, ada sih guru matematika sewaktu smk, tapi saya sungkan mau kesana, karena dulu waktu matematika sering bolos ke uks saya,hehe. jadinya saya tidak kesna karena sungkan, mkanya saya telat ngumpulin yang materi ini

pengalaman saya berikutnya adalah tentang artikel minoritas, disini saya memilih mewawancarai keluarga/saudara saya yang merupakan orang negara (Cheko) hah, Cheko? iya tanteku nikah sama orang Cheko, jadi disini waktu sya wawancarai agak cangung, karena orangnya masih belum begitu paham tentang bahasa Indonesia, disisni saya juga mendengarkan tentang keluh kesah dan kesanya berada di Indonesia.

yang terakhir adalah tentang terorisme karena pada saat itu sedang marak aksi teror katedral dan juga mabes polri, jadi disisni saya di suruh menulis pendapat saya tentang aksi terorisme, ya, menurut sdaya ya jelas jelas salah dan tidak ada benarnya sama sekali, karena agama tidak membenarkan adanya kekerasan seperti itu, danbagi saya itu melenceng jauh dari ajaran agama. 

okee, kita balik ke kewarganegaraan lagi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun