Mohon tunggu...
Fabian GeryLazuardi
Fabian GeryLazuardi Mohon Tunggu... college student, geographer

I like geography

Selanjutnya

Tutup

Media

KKN COVID UNS: Meningkatkan Resiliensi Masyarakat Desa Pucangan ditengah Pandemi COVID 19

18 September 2020   17:15 Diperbarui: 18 September 2020   17:46 41 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN COVID UNS: Meningkatkan Resiliensi Masyarakat Desa Pucangan ditengah Pandemi COVID 19
Penulis

(Sukoharjo, 30 Juni 2020). Penyebaran virus COVID 19 (Novel Coronavirus) masih terjadi di Indonesia dan seluuh dunia, tak terkecuali didaerah Desa Pucangan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Data dari dinas kesehatan Kabupaten Sukoharjo menunjukkan bahwa tercatat 94 kasus positif COVID 19, dan sebanyak 17 kasus telah terjadi di Kcamatan Kartosuro. Desa Pucangan sendiri telah mencatat 3 kasus positif COVID 19, dengan 1 pasien rawat inap RS dan 2 pasien lain telah sembuh (corona.sukoharjo.go.id). Meskipun kasus COVID 19 di Desa Pucangan masih belum menunjukkan penurunan, kesadaran dan keselamatan masyarakat terhadap virus ini masih rendah karena kurangnya edukasi dan penggunaan alat protokol kesehatan yang masih kurang. Sebagian warga telah menggunakan masker ketika beraktivitas keluar rumah, namun tidak sedikit pula masyarakat yang tidak mengenakan masker. Begitu pula dengan aktivitas mobilitas warga yang tinggi menyebabkan potensi warga untuk tertular virus COVID 19 ini semakin tinggi.

menyerahkan fasilitas pencuci tangan pada warga Desa Pucangan

 Dengan meningkatnya kasus COVID 19 di Desa Pucangan dan Kabupaten Sukohajo dan aktivitas perekonomian dan kegiatan masyarakat yang tidak mungkin dihentikan untuk mencegah penularan virus, maka pemerintah Kabupaten Sukoharjo dan Desa Pucangan bersiap untuk memberlakukan New Normal. New Normal sendiri merupakan istilah baru dalam protokol menjalani kehidupan sehari – hari agar masyarakat dapat terus beraktivitas dan bersosialisasi dengan orang lain namun tidak atau mengurangi potensi penularan virus COVID 19. Akan tetapi, banyak masyaarakat yang salah mengartikan arti dari New Normal itu sendiri. Masyarakat sekitar banyak menganggap bahwa New Normal merupakan kebiasaan hidup seperti biasa tanpa memperhatikan protokol kesehatan. Selain itu, fasilitas untuk memfasilitasi masyarakat untuk menjalankan protokol tersebut juga masih sedikit di Desa Pucangan. Oleh karena itu, mahasiswa KKN COVID UNS dengan identitas Fabian Gery Lazuardi melakukan kegiatan KKN COVID di Desa Pucangan, dengan fokus program kerja adalah untuk meningkatkan keselamatan dan ketangguhan masyarakat Desa Pucangan terhadap COVID 19. 

Program kerja yang dilakukan berfokus pada tigal hal, yaitu edukasi dan pemahaman masyarakat mengenai New Normal serta ajakan untuk mematuhi protokol kesehatan, pembuatan fasilitas protokol kesehatan, serta bergabung dalam satuan tugas (satgas) COVID 19 di Desa Pucangan. Langkah yang dilakukan semuanya adalah untuk masyarakat Desa Pucangan, dengan bimbingan dari Ibu Dr. Eng. Kusumaningdyah N. H., s.T., M.T selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang bersangkutan beserta Bapak Budiyono S. H selaku Kepala Desa Pucangan. Program KKN ini berlangsung selama sebulan dan dilaksanakan secara langsung di Desa Pucangan. Namun, dalam kegiatan ini protokol kesehatan tetap sepenuhnya berjalan seperti tidak mengumpulkan masa, mengupayakan kegiatan secara daring, dan selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (Fabian Gery L).

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x