Mohon tunggu...
Sidik Nur Faan
Sidik Nur Faan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bersama Unnes Giat 3 Desa Damarkasiyan Membangun Kesadaran tentang Pentingnya Mencegah Stunting sejak Dini

9 Desember 2022   23:15 Diperbarui: 9 Desember 2022   23:54 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : Dokumentasi Mahasiswa UNNES Giat 3 Desa Damarkasiyan

Damarkasiyan, Kertek, Kabupaten Wonosobo (03/12/2022) – Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak lebih pendek untuk usianya. Pentingnya mencegah stunting ini merupakan hal yang harus diperhatikan sejak janin dalam kandungan.

Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar menuturkan, masalah stunting di Kabupaten Wonosobo masih perlu mendapatkan perhatian, hal ini diperburuk oleh situasi pandemi yang menyebabkan masyarakat ragu mendatangi posyandu untuk memantau status gizi dan perkembangan anak, ditambah dengan naiknya angka pengangguran dan PHK yang menyebabkan penurunan kualitas pangan keluarga. 

“Apalagi jika melihat kondisi riil di lapangan yang patut menjadi perhatian utama kita, sebab meskipun pada periode sebelumnya prevalensi kasus stunting di Kabupaten Wonosobo mencapai 10,49%, namun diperlukan upaya yang luar biasa untuk mempertahankan, bahkan menurunkan angka prevalensi tersebut,” tuturnya (03/2022). Dalam menyikapi kasus ini, Mahasiswa UNNES Giat 3 Desa Damarkasiyan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi terkait pencegahan stunting sejak dini.

Kegiatan sosialisasi tentang Cegah Stunting Sejak Dini dilaksanakan di Dusun Kasiyan pada Sabtu (03/12). Acara ini dihadiri oleh ibu hamil dan ibu yang mempunyai balita sebanyak 44 orang. Tujuan dari diadakannya sosialisasi ini agar dapat meningkatkan kesadaran ibu hamil dan ibu yang mempunyai balita tentang pentingnya mencegah Stunting sejak dini.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan dengan pemaparan materi meliputi faktor penyebab, dampak, dan cara mencegahan stunting.

sumber : Dokumentasi Mahasiswa UNNES Giat 3 Desa Damarkasiyan
sumber : Dokumentasi Mahasiswa UNNES Giat 3 Desa Damarkasiyan

Dalam kegiatan sosialisasi ini juga diselingi dengan kuis berhadiah berupa tanya jawab seputar cara mencegah stunting yang disambut antusias oleh ibu hamil dan ibu yang mempunyai balita di Dusun Damarkasiyan.

Selain itu mahasiswa UNNES GIAT 3, juga membagikan brosur materi pencegahan stunting untuk mengingatkan kembali terkait materi yang sudah dipaparkan selama kegiatan sosialisasi.

sumber : Dokumentasi Mahasiswa UNNES Giat 3 Desa Damarkasiyan
sumber : Dokumentasi Mahasiswa UNNES Giat 3 Desa Damarkasiyan

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan agar ibu hamil dan ibu yang mempunyai balita menyadari serta menerapkan tentang Tindakan pencegahan stunting sejak dini sehingga stunting dapat menurun di Desa Damarkasiyan terutama di Dusun Kasiyan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun