Mohon tunggu...
Exo Sura
Exo Sura Mohon Tunggu... Penulis yang sedang Belajar Menulis

Fast Learner, Researcher, Risk Examiner, Lecturer, Time Travelers saran : eagustio@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Proteksi kepada Eksportir Seluruh Dunia Tetap Tersedia

25 April 2020   20:49 Diperbarui: 25 April 2020   20:54 12 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Proteksi kepada Eksportir Seluruh Dunia Tetap Tersedia
World Trade after Covid ( sumber gambar : artificial magazine)

Upaya semua lini untuk memberikan dispensasi akibat dampak covid 19 ini mulai dirasakan oleh semua lembaga keuangan di Dunia. Jika perbankan yang telah memberikan beberapa stimulus atau relaksasi kepada para nasabahnya.

Hampir semua industri yang tepapar covid 19 ini memiliki relasi khusus kepada ekspor dan impor suatu Negara, sehingga wajar jika Wadah Organisasi Perdaganagn Dunia meramalkan bahwa terjadi penurunan ekspor impor di masing --masing Negara. Tentunya komiditas tertentu yang mengalami kenaikan, sector farmasi dan obat-obatan salah satunya.

Penurunan ekpor impor tentunya berimbas kepada peningkatan risiko kredit perdagangan diantaranya yakni risiko gagal bayar atau kebangkrutan di sisi buyer. salah satu organisasi ekspor credit insurance/ guarantee dunia menberikan beberapa rekomendasi relaksasi kepada lembaga penunjang ekspor masing - masing negara kepada para seller.

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa proteksi perdagangan di dunia ini di proteksi oleh suatu lembaga khusus yg rata-rata dimiliki masing --masing Negara. Adapun bentuk proteksi tersebut yakni pada risiko gagal bayar, risiko kebangkrutan dan risiko politik sehingga terjadi hal --hal yang menyebabkan tidak sempurnanya transaksi ekspor/impor.

Salah satu organisasi bagi ECA ( Export credit Agency) di seluruh dunia bersepakat melakukan rangkuman regulasi diambil oleh beberapa negara terkait dengan proteksi  perdagangan ekspornya  diantaranya yakni :

1. Mendukung upaya mempertahankan  transaksi ekspor masing-masing negara 

ECA di seluruh dunia bersepakat untuk memberikan dukungan  melalui peningkatan fleksibilitas dan relaksasi persyaratan bagi eksportir. Hal ini Sejalan dengan upaya pemerintah di berbagai negara untuk tetap menjalankan proses perdagangan di masing -- masing negaranya meskipun dalam kondisi yang minimal. 

2. Saling Memberikan dukungan antar sesama anggota lembaga Penunjang Ekspor.  

Dalam hal mempertahankan kapasitas industri untuk mendukung perdagangan melalui peningkatan kapasitas mengurangi batasan-batasan menambah kapasitas pasar swasta melalui penutupan langsung reasuransi atau peningkatan oleh perusahaan asuransi public

3. Perpanjangan waktu untuk Notifikasi Klaim 

Bentuk proteksi yang terbanyak diberikan oleh Lembaga Penunjang ekspor yakni proteksi gagal bayar oleh buyer pada waktu yang telah ditetapkan / disepakati. dengan memberikan tambahan waktu mengikuti tempo pembayaran importir kepada ekpsortir maka diprediksikan dapat pula memberikan keringanan pembayaran oleh buyer.  dengan tambahan waktu tersebut maka klaim setidaknya dalam di perpanjang sesuai dengan masa yang diberikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN