Mohon tunggu...
Excha RestyaSafira
Excha RestyaSafira Mohon Tunggu... KKN UNS Covid-19

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN UNS Covid-19 di Graha Wahid Semarang

7 Juli 2020   17:14 Diperbarui: 7 Juli 2020   17:08 39 0 0 Mohon Tunggu...

Pandemi Covid-19 telah membawa kegiatan KKN Universitas Sebelas Maret dengan metode yang baru. Kegiatan KKN pada periode ini mempunyai beberapa tema besar yang dapat dipilih oleh mahasiswa dan dilakukan selama jangka waktu 45 hari dimulai pada tanggal 1 Mei 2020 hingga 19 Juni 2020 dengan cara memberi penyuluhan terhadap masyarat sekitar domisili dalam lingkup RT/RW yang dilaksanakan dengan metode daring (melalui grup Whatsapp RT, Instagram, Youtube, dll). 

Kegiatan KKN Covid-19 ini berlokasi di Graha Wahid Cluster Paris B, RT 002/RW 010, Kelurahan Sambiroto, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Salah satu tema besar yang diambil pada KKN Batch 1 ini adalah Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19 dibawah bimbingan Ibu Dr. Eng. Kusumaningdyah Nurul Handayani, S.T., M.T. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) untuk wilayah Semarang dan sekitarnya.

Kegiatan KKN Covid-19 beserta dengan Program Kegiatan telah diketahui dan diberikan izin oleh Ketua RT 002 (Bapak Agus) dan Ketua RW 010 (Bapak Andreas). 

Program Kegiatan yang utama yaitu mengedukasi masyarakat khususnya masyarakat RT 002/ RW 010 tentang Pandemi Covid-19 beserta dengan persiapan dalam menghadapi pandemi ini salah satunya dengan penyediaan ember cuci tangan beserta sabun, selain itu masyarakat juga dihimbau untuk tidak mudik pada tahun ini dan cara mencegah penularan Covid-19 melalui spanduk yang diserahkan kepada Ketua RT/RW setempat untuk dipadang dititik strategis disekitar rumah. 

Edukasi kepada masyarakat juga dilakukan melalui Grup Chat WhatsApp milik warga RT 002/ RW 010 yang dilakukan secara berkala. Kegiatan ini juga diisi dengan pembuatan konten atau video yang menarik untuk disebarluaskan antara lain, yaitu video mencuci tangan, cara berpakaian selama pandemi, hal-hal apa saja yang perlu diterapkan ketika keluar rumah, cara pembuatan desinfektan, cara pembuatan masker kain, cara mencegah penularan Covid-19 pada transportasi umum dan beberapa edukasi mengenai Covid-19 dan New Normal. 

Adanya KKN UNS Covid-19 ini diharapkan mahasiswa dapat membantu memberi edukasi kepada masyarakat saat pandemi Covid-19 dan dapat memberikan terebososan baru ditengah Pandemi Covid-19 khususnya pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang biasa dilakukan oleh Perguruan Tinggi di Indonesia.

VIDEO PILIHAN