Evrisya Glorys
Evrisya Glorys

Seorang sarjana Psikologi, lulusan Universitas Sanata Dharma ditahun 2013.

Selanjutnya

Tutup

Wanita

Wanita, Toilet Umum Bisa Jadi Tempat Penyebaran Jamur Penyebab Keputihan

5 Februari 2018   13:27 Diperbarui: 5 Februari 2018   13:58 747 1 0
Wanita, Toilet Umum Bisa Jadi Tempat Penyebaran Jamur Penyebab Keputihan
Sumber: https://www.boldsky.com

Hai ladies,saat menggunakan toilet umum seberapa perhatian kalian pada tingkat kebersihannya? Atau hanya tinggal pakai karena sudah tidak bisa menahan buang air kecil ? Dilema ya, menahan buang air kecil bisa beresiko infeksi saluran kemih. Menggunakan toilet umum yang ala kadarnya juga bisa jadi malah keputihan yang datang. Toilet umum yang tidak bersih menjadi datang penularan keputihan akibat jamur dan penyakit lainnya.

Bukan tanpa sebab ya, kita tidak pernah tahu sebersih apa toilet umum yang kita gunakan. Belum lagi kalau hanya ada bak dan gayung yang belum tentu bersih. Secara namanya toilet umum banyak yang pakai. Sebagai wanita, kita harus lebih memperhatikannya. Alih-alih asal pakai, malah tertular jamur penyebab keputihan. Air pada bak toilet umum juga bisa menjadi media penularan jamur candida penyebab keputihan. 

Keputihan sendiri hal yang wajar dialami wanita,terlebih ketika menjelang menstruasi. Akan tetapi, sebagai wanita seharusnya kita bisa menyadari mana keputihan normal dan yang abnormal. Keputihan normal itu jika berwarna bening, tidak berbau, dan tidak menyebabkan gatal. Vagina yang terinfeksi jamur candida albicans, akan mengalami keputihan yang abnormal. Gejalanya, cairan vagina berubah menjadi berwarna putih sangat pekat, sedikit padat,dan gatal. Vagina yang terinfeksi jamur candida harus segera diatasi. Jika tetap diabaikan, bisa menjadi lebih berbahaya. Apabila mengalami gejala keputihan yang tidak wajar, segeralah menghubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. 

Mengabaikan keputihan bukankah pilihan. Penanganan yang tepat, akan memberinya hasil terbaik. Pemeriksaan pada keputihan sendiri bisa melalui pengambilan sampel cairan vagina untuk didiagnosa lebih lanjut. 

Untuk para wanita,tips jika menggunakan toilet umum adalah setidaknya bawalah tisu basah,tisu kering, cairan antiseptik, dan air dalam kemasan jika perlu.