Mohon tunggu...
Evrina Budiastuti
Evrina Budiastuti Mohon Tunggu...

Agriculture Extension Officer, Blogger, Visit my site: https://evrinasp.com

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Bersinergi dengan Alam bersama Danone Indonesia

30 November 2017   07:50 Diperbarui: 10 Agustus 2019   13:48 0 1 1 Mohon Tunggu...
Bersinergi dengan Alam bersama Danone Indonesia
dokumentasi Danone Grup

Salah satu rangkaian dari Danone Blogger Academy adalah kunjungan lapang ke beberapa pabrik yang ada di dalam grup Danone Indonesia. Di sana, kami para peserta tidak hanya melihat bagaimana perusahaan mampu menghasilkan produk yang berkualitas, tetapi juga menyaksikan sendiri cara perusahaan dalam memberikan kontribusi bagi pengembangan masyarakat hingga bersinergi dengan alam. Sebuah kesempatan dan pengalaman berharga yang mungkin sayang untuk dilewatkan.

Kunjungan lapang kami saat itu berpusat di Yogyakarta, Klaten, dan berakhir di Solo, Jawa Tengah. Dimulai dari Edukasi Nutrisi di Taman Pintar, Yogyakarta. Taman Pintar merupakan salah satu inisiatif Grup Danone di Indonesia untuk mendukung pendidikan anak usia dini dengan memperkuat edukasi melalui fasilitas public di Taman Pintar. Di Taman Pintar terdapat berbagai fasilitas menarik untuk tempat edukasi dan bermain anak-anak seperti Taman Air Menari, pembangunan PAUD, miniature pabrik dan pendampingan kurikulum edukasi.

Saat saya ke Taman Pintar kemarin, saya menyaksikan bagaimana Danone bersama Sarihusada memberikan edukasi dengan cara yang menarik. Tidak hanya untuk anak-anak, para orangtua juga diberikan pendidikan mengenai nutrisi dan juga tumbuh kembang anak. Dengan cara ini diharapkan keduanya bisa saling bersinergi sehingga tujuan yang diinginkan untuk mewujudkan generasi dengan kehidupan yang lebih baik dapat tercapai.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Di Taman Pintar terdapat berbagai wahana edukasi berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Saya saja senang sekali saat berada di dalamnya karena pengetahuan mengenai basic science seperti diingatkan lagi. Apalagi anak-anak ya, mereka juga terlihat sangat antusias ketika menikmati wahana yang sarat ilmu ini. Sebagai informasi, program di Taman Pintar ini sudah mengedukasi 11.207 anak-anak dan 12.298 orangtua lho.

Setelah melihat Taman Pintar, kami diajak untuk berkunjung ke PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada). Di sana, saya menyaksikan bagaimana produk susu yang dihasilkan sangat dijaga kualitasnya oleh perusahaan yang didirikan sejak tahun 1954 ini. Safety tentu sangat dijaga sekali, bahkan seluruh karyawan juga terpantau pemenuhan gizinya lho. Saat kami berada di pabrik Sarihusada, kami harus mematuhi peraturan yang ada, seperti berjalan tepat di garis yang sudah ditentukan. Menarik!.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Puas menyaksikan bagian dari Early Life Nutrition Grup Danone di Indonesia, perjalanan dilajutkan ke kelompok yang mengelola tempe secara hygiene. Lokasi yang kami kunjungi berada di Desa Geneng, Kecamatan Prambanan, Klaten. Di lokasi tersebut terdapat Program Rumah Tempe yang merupakan inisiatif sosial dari Grup Danone di Indonesia yang bekerja sama dengan Forum Tempe Indonesia. Forum tersebut membantu para ibu-ibu PKK Geneng dalam memproduksi tempe yang higienis termasuk dalam pembuatan sistem manajemennya.

Saya sudah melihat sendiri bagaimana mereka memproduksi tempenya yang berbeda dengan tempe pada umumnya. Terlihat lebih bersih dan terjaga kualitasnya. Produk tempe yang dihasilkan dijual dalam bentu tempe segar maupun olahan. Untuk harga tempe segarnya tidak terlalu jauh dengan tempe pada umumnya. Sedangkan produk olahannya dibuat menjadi produk makanan langsung yang disatukan dengan jadah (ketan) atau keripik tempe.

dokumentasi Danone Grup
dokumentasi Danone Grup
Nah, itu tadi merupakan kunjungan kami di hari pertama. Bagaimana dengan kunjungan lapang di hari kedua? Tidak kalah menarik seperti di hari pertama, kami diajak untuk berkunjung ke pabrik AQUA di Klaten dan melihat bagaimana perusahaan pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) bersinergi dengan masyarakat dan lingkungan.

Sama seperti Nutricia dan Sarihusada yang tergabung dalam Grup Danone, AQUA juga memberikan komitmennya bagi kesejahteraan masyarakat serta keberlangsungan alam. Perusahaan AMDK yang berdiri sejak tahun 1973 ini memiliki visi dan komitmen dalam mengelola operasional secara bertanggung jawab terhadap sosial dan lingkungan. Melalui AQUA Lestari, AQUA mengembangkan empat pilar yaitu perlindungan sumber daya air, pengurangan karbondioksida, optimalisasi kemasan dan pengumpulan sampah kemasan, serta distribusi produk secara berkelanjutan.

Dokpri
Dokpri
Salah satu lokasi yang kami kunjungi terkait dengan bentuk tanggung jawab AQUA terhadap sosial dan lingkungan adalah Komunitas Pengelola Sampah Rukun Santoso. Komunitas ini terletak di Karanglo, Polanharjo, Klaten. Saat kami mengunjungi komunitas tersebut, terlihat para ibu yang sangat kreatif dalam mengolah sampah plastik menjadi produk kerajinan.

Terdapat berbagai macam produk yang dihasilkan dari komunitas pengelola sampah ini, di antaranya adalah tas, dompet, sepatu, bros, hingga hiasan bunga. Satu yang pasti, aktivitas pengolahan sampah tersebut tidak hanya membantu menghijaukan bumi, melainkan juga membantu masyarakat untuk menambah pemasukannya. Jika dulu sampah menjadi masalah, justru menjadi berkah untuk Komunitas Pengelola Sampah Rukun Santoso.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x