Mohon tunggu...
EVRIDUS MANGUNG
EVRIDUS MANGUNG Mohon Tunggu... Lainnya - Pencari Makna

Berjalan terus karena masih diijinkan untuk hidup. Sambil mengambil makna dari setiap cerita. Bisikkan padaku bila ada kata yang salah dalam perjalanan ini. Tetapi adakah kata yang salah? Ataukah pikiran kita yang membuat kata jadi serba salah?

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Tips Membuat Jadwal Belajar Efektif untuk Anak

28 Maret 2023   08:05 Diperbarui: 28 Maret 2023   08:26 747
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Jadwal Belajar| Sumber: pixabay.com

Jadwal belajar memiliki peran penting dalam membangun kebiasaan belajar yang baik dan teratur. Dalam membuat jadwal belajar untuk anak, perlu dipertimbangkan faktor usia, gaya belajar, dan kebutuhan waktu istirahat dan bermain. Orang tua juga harus memastikan lingkungan belajar yang nyaman dan bebas gangguan.

Dulu orang tua saya menginginkan saya menjadi ahli matematika. Oleh karena itu, ayah selalu mendorong saya untuk belajar. Memang waktu untuk belajar tidakdijadwalkan secara tetap. Namun ayah pasti selalu saja ingat akan hal itu. Biasanya hal pertama yang ditanya adalah apakah ada PR dari sekolah.

Mungkin atas dasar kesadarannya akan pentingnya jadwal belajar, kemudian ayah menginginkan agar saya tinggal di lembaga pendidikan yang berasrama. Menurut pemahaman ayah waktu, lembaga pendidikan berasrama memiliki jadwal belajar yang tetap.

Di sekolah menengah pertama, hampir setiap hari saya dan teman-teman belajar. Jadwalnya sudah ditetapkan. Waktu itu saya  belum menyadari bahwa mengapa lembaga pendidikan itu membuat jadwal belajar sore. Sekarang saya baru menyadari bahwa ada berapa alasan mengapa jadwal belajar itu penting.

Alasan pertama mengapa jadwal belajar penting dibuat adalah saya akan lebih mudah mengatur waktu untuk belajar dan aktivitas lainnya.  Tidak ada  waktu yang terbuang sia-sia. Dengan demikian, jadwal belajar membantu saya membangun kebiasaan belajar yang baik dan teratur.

Selain alasan di atas, ada pertimbangan lain mengapa jadwal belajar itu penting. Dengan adanya jadwal belajar yang baik, saya akan belajar dengan lebih fokus dan terarah, sehingga efektivitas belajar akan meningkat.

Lagi pula, dengan jadwal belajar yang teratur, saya akan lebih mudah mengatur waktu untuk aktivitas lain yang menyenangkan, sehingga dapat mengurangi stress yang mungkin muncul akibat tumpukan tugas belajar.  Saya juga dapat belajar dengan lebih baik dan meningkatkan performa akademik.

Namun, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam membuat jadwal belajar untuk anak.

Pertimbangan pertama adalah faktor usia. Anak yang lebih muda membutuhkan lebih banyak waktu istirahat dan waktu bermain. Sedangkan anak yang lebih tua mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas.

Pertimbangan kedua yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa setiap anak memiliki kebutuhan belajar yang berbeda-beda. Beberapa anak lebih efektif belajar dengan metode visual. Ada beberapa anak yang lebih suka metode auditif atau kinestetik. Memahami gaya belajar anak dapat membantu dalam pengaturan jadwal belajar yang lebih efektif dan efisien.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun