Mohon tunggu...
eviyanti dewi
eviyanti dewi Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Menyukai malam purnama yang berangin

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Sebanyak 80.1% Siswa Kelas XII di SMAN 8 Garut Mengalami Kesulitan dalam Menentukan Pilihan Jurusan Kuliah

3 Agustus 2022   18:10 Diperbarui: 3 Agustus 2022   18:35 142 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: UPI Bandung (dok. TVUPI DIgital)/8 Universitas Pendidikan Terbaik di Indonesia Versi THE AUR 2022

UPI kembali menyelenggaakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik di tahun 2022 ini. Kegiatan KKN ini diselenggarakan sejak tanggal 11 Juli sampai dengan 10 Agustus 2022 dengan tema "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa dan MBKM". 

Tema tersebut dipilih mengingat Negara Indonesia kita yang tercinta ini memiliki berbagai permasalahan yang meliputi pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran terbuka, tingkat kemiskinan, rasio gini, indeks pembangunan manusia, emisi gas rumah kaca, nilai tukar petani, dan nilai tukar nelayan. 

Semua permasalahan tersebut sedang dipersiapkan penanganannya secara serius melalui program pembangunan yang berkelanjutan atau dikenal dengan Sustainable Development Goals (SDG's) Desa. Oleh karena hal itu, maka dalam rangka membantu penanganan permasalahan-permasalahan tersebut, UPI memilih tema "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa dan MBKM" untuk kegiatan KKN yang diselerenggakannya. SDG's Desa terdiri atas 18 pokok program yang merujuk pada kearifan lokal, salah satunya adalah Peduli Pendidikan.

Desa Peduli Pendidikan merupakan salah satu pokok program dalam Pemberdayaan Masyarakat SDG's Desa, yang kemudian terbagi kembali menjadi dua sub pokok yaitu Pendidikan Sepanjang Hayat dan Pendidikan Desa Berkualitas. 

Penulis bersama teman-teman kelompok 119 sektor Cilawu yang kebetulan mendapatkan tema kelompok "Desa Peduli Pendidikan" memutuskan untuk membuat suatu program kerja yang termasuk ke dalam sub pokok program Pendidikan Sepanjang Hayat. Program kerja tersebut berupa kegiatan pendataan siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Kami merasa bahwa program pendataan siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi itu penting karena pendataan ini dapat membantu siswa menyiapkan perencanaan karirnya sedini mungkin. Ketika siswa melakukan perencanaan karir sejak awal, maka siswa akan memiliki perencanaan karir yang lebih matang. 

Siswa akan lebih merasa puas dengan keputusan karir yang akan diambil nantinya dan memiliki persiapan yang lebih matang. Penulis bersama teman-teman kelompok melakukan KKN dengan bermitra bersama Desa Pasanggrahan Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. 

Oleh karena itu, maka kami melakukan pendataan siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi kepada siswa kelas 12 di SMA Negeri 8 Garut yang terletak di Desa Pasanggrahan.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan