Mohon tunggu...
Viona aminda
Viona aminda Mohon Tunggu... Freelancer - Life long learner

United nations colleague media, A mother to amazing son.

Selanjutnya

Tutup

Green Pilihan

4 Hal yang Harus Dicapai pada COP27

25 Mei 2022   06:46 Diperbarui: 25 Mei 2022   07:06 83 18 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Keadilan Iklim: Empat Hal yang Harus Dicapai COP27

Pertemuan tingkat menteri pertama sejak COP26 berlangsung minggu ini di Kopenhagen, setelah dua laporan IPCC terbaru menegaskan kembali kebutuhan mendesak untuk menghentikan pembakaran bahan bakar fosil dan transisi ke masa depan bertenaga energi yang terbaru.

Di sini, kita melihat ke arah COP27 dan apa yang dipertaruhkan untuk iklim di tahun 2022.

Laporan terbaru dari Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) mengungkapkan bahwa tujuan Perjanjian Paris untuk membatasi pemanasan hingga 1,5 derajat C (2,7 derajat F) masih pada "penopang kehidupan," dan membuat sekitar 3,6 miliar orang di seluruh dunia terpapar dan rentan secara berbahaya. terhadap dampak iklim --- dengan hal-hal yang akan memburuk.

Temuan ini muncul di tengah masa yang penuh gejolak karena kenaikan harga bahan bakar, tingkat inflasi yang tinggi, kemunculan dunia yang lambat dari pandemi COVID-19, dan perubahan struktur politik internasional , sayangnya merupakan alasan yang nyaman untuk mengganggu dan menunda aksi iklim.

Namun laporan tersebut menekankan kenyataan berikut: Sekarang atau tidak sama sekali untuk menahan pemanasan hingga 1,5 derajat C. Untuk itu, COP27 harus memprioritaskan kebutuhan mereka yang paling terpukul oleh dampak perubahan iklim dan membuat kemajuan signifikan dalam empat bidang utama berikut.

Adaptasi
Adalah tanggung jawab pemerintah di seluruh dunia untuk menanggapi 'kode merah' bagi kemanusiaan yang ditandai oleh para ilmuwan dan dengan cepat mengoperasionalkan janji-janji COP26 tahun lalu di Glasgow. Negara-negara kaya harus segera memberikan penggandaan pendanaan untuk langkah-langkah adaptasi iklim dan memastikan bahwa adaptasi menerima setidaknya 50% dana publik yang dialokasikan untuk pendanaan iklim.

Tujuan menyeluruh dari peningkatan adaptasi adalah untuk meningkatkan ketahanan bagi masyarakat dan kelompok yang terkena dampak iklim, dan melindungi keanekaragaman hayati dan ekosistem sesuai dengan konteks nasional dan lokal.

Mitigasi
Jendela peluang untuk memberikan mitigasi pada skala dan kecepatan yang dibutuhkan akan segera ditutup. Aksi mitigasi berskala mendesak dan kooperatif diperlukan sekarang untuk menanggapi ancaman parah yang ditimbulkan oleh perubahan iklim terhadap hak asasi manusia, masyarakat, dan generasi mendatang yang terkena dampak.

Sangat penting bahwa pemerintah menjelaskan bagaimana mereka akan mengurangi emisi CO2 setidaknya 50% di atas tingkat 2019 pada tahun 2030, sejalan dengan membatasi pemanasan global hingga 1,5C dan mengurangi kemungkinan dampak perubahan iklim yang tidak dapat diubah.

Laporan IPCC menunjukkan bahwa hingga tahun 2030, pembiayaan tahunan untuk mitigasi perlu meningkat enam kali lipat agar sejalan dengan jalur 1,5C. Ini juga menunjukkan bahwa energi terbarukan yang bersih seperti matahari dan angin, efisiensi energi di semua sektor ekonomi, dan perlindungan ekosistem memiliki potensi teknis dan hemat biaya tertinggi untuk mengurangi emisi GRK secara signifikan pada tahun 2030.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Green Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan