Mohon tunggu...
Evi Febriani
Evi Febriani Mohon Tunggu... Mahasiswa

Senyum dan syukur membuat Anda merasa lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Diskusi Daring Covid-19, Ayo Dimulai dari Diri Sendiri untuk Memutus Rantai Penularan Covid-19

29 Maret 2020   04:13 Diperbarui: 29 Maret 2020   04:21 24 1 0 Mohon Tunggu...

Wabah Covid-19 yang menyerang dunia bahkan Indonesia tentu membuat kita merasa sedih melihat kondisi yang sedang terjadi saat ini. Jum'at, 27 Maret 2020 dilaksanakan diskusi daring dengan mengangkat tema " Waspada Wabah Covid-19, Mari Mencegah Sejak Dini". Diskusi daring ini dimulai pukul 20.00 WIB melalui grup WhatsApp yang telah dibuat oleh pihak penyelenggara diskusi daring. Tujuan dari acara diskusi daring ini yaitu untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai Covid-19. Acara diskusi daring ini diikuti oleh lebih dari 200 peserta dari berbagai Universitas di Indonesia.

Pemateri dalam acara diskusi daring " Waspada Wabah Covid-19, Mari Mencegah Sejak Dini" ini yaitu Wa Ode Sri Andriani. Beliau saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat di Universitas Indonesia. Dari CV beliau yang dibagikan, Maa Syaa Allah telah banyak prestasi beliau yang telah ia peroleh salah satunya menjadi partisipan Internasional Health Literacy Conference, 2019, Ho Chi Mihn City, Vietnam. Adapun yang menjadi moderator diskusi daring ini yaitu Tiwi Rahayu selaku wakil presiden Lembaga Penelitian dan Keilmuan Mahasiswa (LPKM).

Dalam diskusi daring ini pemateri membahas mengenai Covid-19 itu sendiri, penularan dan pencegahan yang dapat dilakukan. Sebelum menyampaikan materi, pemateri terlebih dahulu membagikan kuesioner yang harus diisi oleh setiap peserta. Setelah mengisi kuesioner dilanjutkan dengan penyampaian materi yang berlangsung kurang lebih 60 menit. Pemaparan materinya pun bagi saya pribadi sangat menarik dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Selain itu, Informasi yang dibawakan berasal dari sumber-sumber yang terpercaya seperti data dari WHO, Kemenkes dan lain sebagainya.

Pesertanya pun sangat antusias mengikuti jalannya acara diskusi daring ini, terbukti ketika pemaparan materi selesai banyak peserta yang mengajukan pertanyaan  namun pertanyaan dibatasi hanya 5 pertanyaan yang dapat dijawab oleh pemateri. Diakhir sesi diskusi moderator yakni  Tiwi Rahayu meminta maaf dikarenakan banyaknya pertanyaan yang masuk ke beliau namun belum bisa dijawab oleh pemateri karena waktu yang tidak memungkinkan untuk menjawab semua pertanyaan yang masuk.

Kesan saya dalam mengikuti acara diskusi daring " Waspada Wabah Covid-19, Mari Mencegah Sejak Dini" ini saya menjadi lebih paham dan dapat menambah pengetahuan mengenai Covid-19 itu sendiri. Informasi yang dibawakan sangat bermanfaat sehingga kita tidak perlu panik dengan kondisi saat ini. Tetapi kita harus tetap waspada. Upaya pencegahan yang dapat dilakukan untuk memutus rantai penularan Covid-19 dapat dimulai dari diri kita sendiri seperti menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat salah satunya dengan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Seperti yang kita ketahui bahwa tangan menjadi media yang sangat potensial untuk menularkan Covid-19. Selain itu kita harus mendengarkan pemerintah dengan segala kebijakannya salah satunya dengan social distancing (pembatasan sosial). Tentu kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dilakukan untuk memutus rantai penularan Covid-19 agar tidak semakin banyak korban yang berjatuhan. Untuk itu, ayo dimulai dari diri sendiri untuk memutus rantai penularan Covid-19.

Adapun pesan saya setelah mengikuti acara diskusi daring ini yaitu semoga dilain waktu dapat menyelenggarakan hal yang sama akan tetapi dengan peserta yang lebih banyak dan dapat bertemu secara langsung dengan pemateri untuk mendengarkan informasi yang akan dibawakan.

Jika saya diberikan kesempatan untuk menjadi pemateri untuk mengisi acara dengan tema sejenis, saya akan menyiapkan materi yang tentunya berasal dari sumber yang terpercaya. Selain itu, saya juga akan meminta saran dan pendapat dari teman-teman, senior maupun para dosen yang berpengalaman dalam melakukan kegiatan yang serupa. Tidak hanya materi yang harus dipersiapkan dengan baik, menurut saya kesiapan mental juga harus betul-betul dipersiapkan dengan baik pula.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x