strategi pemasaran ATL,BTL dan TTL yang telah memainkan peran kunci dalam keberhasilan KS Group Indonesia.Â
KS Group Indonesia adalah perusahaan bidang Fast Moving Consumer Goods yang telah berhasil membangun jejak yang kuat dengan pendekatan pemasaran yang inovatif. Dalam upaya untuk memberikan wawasan mendalam kepada masyarakat dan rekan idustri, Nah di dalam konten Instagram-nya Nadya Ursulla menjawab sekaligus menjelaskan pertanyaan audiens tentang "bagaimana cara menjualkan produk?". Nadya membagikan wawasan tentang"Strategi marketing yang tepat sangat diperlukan dalam melakukan pemasaran produk agar bisa menarik pelanggan untuk melakukan interes dengan produk kita" kata Nadya dengan tegas. Dalam artikel ini Nadya Ursulla membagikan tentang pentingnya menerapkan strategi yang tepat dalam kegiatan pemasaran, maka akan sangat baik jika kalian yang baru ingin berwirausaha untuk mengetahui dan mempelajari strategi pemasaran yang umum digunakan yaitu, ATL,BTL dan TTL. Â
Strategi Pemasaran adalah rencana terstruktur yang dirancang untuk mencapai tujuan bisnis dengan cara mempromosikan kepada target pasar yang tepat. Ini tentu melibatkan berbagai taktik dan langkah -- langkah yang dirancang untuk menciptakan kesadaran, membangun minat, dan menggerakkan pelanggan menuju tindakan yang diinginkan.
Pengertian ATL, BTL dan TTLÂ
ATL yang merupakan singkatan dari Above The Line merupakan strategi pemasaran yang dijalankan dengan target audiens yang luas atau tidak dibatasi. Promosi atau strategi pemasaran Above the Line biasa ditujukan untuk meningkatkan awareness dari konsumen akan suatu produk atau brand. Biasanya strategi pemasaran ATL juga bersifat satu arah saja sehingga tidak ada interaksi timbal balik dari audiens. Untuk mengenalkan brand atau merek produk kepada masyarakat dengan melalui televisi, radio, news paper atau majalah.
Bellow The Line (BTL)Â adalah suatu strategi pemasaran yang mencakup kegiatan promosi yang dilakukan untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan. BTLÂ sebagai salah satu strategi marketing merupakan kegiatan marketing maupun promosi yang secara umum dilaksanakan oleh pengusaha yang dilakukan secara spesifik kepada target pasar dan lebih mengutamakan keberhasilan penjualan.
Strategi BTL bertujuan untuk menyasar langsung kepada target pasar yang diinginkan. biasanya BTL dijalankan dengan cara memberikan potongan harga maupaun uji coba gratis yang bertujuan untuk menarik pelanggan agar segera membeli produk yang ditawarkan.
Trough The Line (TTL) sebagai salah satu strategi marketing merupakan kegiatan marketing maupun promosi yang secara umum dilaksanakan dengan cara menggabungkan strategi marketing ATL dan BTL. Strategi TTL ini muncul akibat adanya perkembangan teknologi yang menyebabkan batasan antara ATL dan BTL semakin samar atau bias.
Kondisi ini memunculkan adanya istilah baru dalam marketing yaitu Through The Line (TTL) karena strategi marketing TTL untuk menggabungkan ATL dan BTL. Selain itu tujuan strategi marketing TTL adalah untuk mengenalkan brand produk kepada masyarakat sekaligus untuk mendapatkan konversi atau penjualan.Â
Memahami Strategi Marketing di KS Group IndonesiaÂ
About The Line (ATL),Bellow The Line (BTL),Trough The Line (TTL) merupakan strategi yang biasa digunakan dalam marketing untuk membantu memasarkan produk. Hal ini dilakukan dengan berbagai tujuan agar produk perusahaan lebih dikenal oleh banyak orang. Penerapan strategi ini tentunya tidak terlepas dari tujuan akhir dilakukannya strategi marketing ATL,BTL dan TTL. yaitu untuk menarik minat pelanggan untuk segera melakukan pembelian sehingga perusahaan mampu mendapatkan konversi yang optimal.