Mohon tunggu...
Evi Yuliawati
Evi Yuliawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

TUGAS

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Memajukan Jurnalistik untuk Masa Depan

5 Oktober 2022   07:20 Diperbarui: 5 Oktober 2022   07:28 81 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berbicara tentang masa depan tidak di pungkiri dari adanya Globalisasi proses penyesuaian internasionl sehingga menyebabkan adanya pertukaran produk, pemikiran, dan kebudayaan lainnya. Sebagai penerus yang mempunya kreativitas dan semangat yang masih di junjung tinggi untuk kemajuan di masa yang akan datang mari bersama- sama untuk bisa memberikan informasi yang valid dan tidak menimbulkan kebohongan di lingkungan masyarakat, hal itu juga dapat memeberikan kebanggaan seorang jurnalisme yang baik dan mengetahui etik seorang jurnalisme yang bertanggung jawab sebagai penyampai berita yang benar.

Jurnalisme adalah industri yang di sesuaikan dengan radio dan televisi  bertahan dari kehancuran cetak pada masa itu, Dan tantangan baru seperti munculnya berita- berita palsu yang dapat membuat ketidak percayaan publick. Awal berita yang disebarkan atau ditayangkan  melalui surat kabar  yang dicetak melalui pencetakan kertas fotografi listrik  namun ada di setiap berita yang ditayangkan adanya perbedaan makna dari setiap isi berita namun  mengangkat tema yang  sama, hal itu yang membuat masyarakat kesal , marah setra bingung tentang apa yang harus dipercayai. 

Dari adanya berbagai isi berita tidak pasti apa yang benar  takut konflik kemarahan yang mereka temukan   itu terkait dengan adanya ketika sedang di zaman para pemimpin populis dan kelompok kepentingan bayangan menggunakan berita palsu untuk menyerang wartawan dan sengaja meyesatkan publik, dari situ lah seorang jurnalisme mengapa gagal dalam menyampaikan berita yang valid karena ada ognum yang tidak ingin melihat seorang jurnalisme maju dan terpercaya dalam penyampai berita.

Teknologi yang berkembang dari waktu ke waktu  tentu saja mengubah secara radikal  dan memudahakan masyarakat untuk melihat, mendengar dan terhubung dengan seluruh dunia.

Namun dengan adanya kejadian itu mebuka peluang seorang jurnalisme untuk menemukan kembali jati dirinya dengan menggunakan alat yang semakin canggih atau kecerdasaan buatan internet di era globalisasi sekarang.  kesempatan ini dapat digunakan seorang jurnlisme untuk dapat  Menggunakan situs- situs web yang tersedia dan aplikasi yang telah di luncurkan seperti google dan facebook  dan lainnya dapat juga seorang jurnalisme menguatkan masyarakat lewat media digital tersebut  dan kesempatan ini dapat juga digunakan seorang jurnlisme untuk  mengembangkan diri agar terhubung lebih beragama dan relevan untuk diandalkan bertanggung jawab  dan menjabarkan serta menjelaskan dunia yang rumit. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan