Mohon tunggu...
Everidea Education
Everidea Education Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Perusahaan

Everidea Education adalah Social Impact Organization yang berfokus pada pengembangan pendidikan 21st Century Skills melalui Gamifikasi, Digital Assessment, dan Konten Kreatif Digital.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Benahi Bahasa Budaya Bangsa

18 November 2021   16:56 Diperbarui: 18 November 2021   17:17 88 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: Youtube Kemendikbud RI

Hai hai, Sobat Edu! Udah kangen belum nih sama Mindu? Hihihi, emang Mindu ngangenin, sih. Sobat Edu apa kabar? Semoga sehat-sehat terus yaa! Mindu ga tega soalnya kalau harus liat kamu sakit, huhuhu... Eitsss, ngomongin tentang kabar, Sobat Edu sadar gak sih kalau ada kalimat yang kurang tepat dari tulisan Mindu di atas? Waduh, yang mana tuh? Ada yang tau ga nih?

Tepat sekali, pertanyaan "Apa Kabar?" itu sebenernya salah satu contoh penggunaan kalimat yang kurang tepat, Sobat Edu. Alih-alih menanyakan "Apa kabar?" Sobat Edu lebih tepat untuk nanya "Bagaimana kabarnya?". Lho, kok gitu sih? Ini dikarenakan penggunaan kata tanya "apa" dan "bagaimana" itu beda lho, Sobat Edu. 

Kata "bagaimana" pada dasarnya tuh dipake untuk kita kalau mau nanyain keadaan dari sesuatu, cara ngelakuin sesuatu, atau juga cara suatu peristiwa bisa kejadian (Pandean, 2018). 

Sedangkan, kata "apa" itu biasanya dipake kalau kita mau nanyain sesuatu bisa berupa benda, pendapat, hewan, atau juga tumbuhan, tapi enggak dipergunakan untuk menanyakan manusia (Utami & Gishca, 2021). Nah, itulah alasannya, Sobat Edu kalau mau nanyain kabar seseorang itu lebih baik menggunakan kata tanya "bagaimana".

Dari contoh kecil kayak di atas aja ternyata ngebuka pikiran kita gak sih, bahwa Bahasa Indonesia gak semudah itu, lho Sobat Edu. Terus, kenapa sih kita harus belajar Bahasa Indonesia? Itu kan udah gak perlu dipelajarin lagi karena kita kan udah jago. Eitsss, hati-hati Sobat Edu. 

Kadang, apa yang kita anggap bener selama ini tuh masih banyak yang kurang tepat. Sebagai contoh lainnya, pernah gak sih Sobat Edu ngerjain ujian Bahasa Indonesia, tapi bukannya dapet nilai sempurna malah Sobat Edu kesusahan ngerjainnya. Hayoo siapa coba yang kayak gitu? Hihihi. Padahal bahasa Indonesia itu banyak banget fungsinya, lho. Ada apa aja? Yuk kita cek di bawah ini.

Fungsi Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional

1.     Lambang kebanggaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan