Mohon tunggu...
Rehat Aja Dulu
Rehat Aja Dulu Mohon Tunggu... @rehatajadulu

Untuk tulisan lainnya dapat diakses di: instagram/twitter:@rehatajadulu

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Mengenal dan Memanfaatkan Produk Keuangan Ala Millenial

31 Agustus 2020   22:15 Diperbarui: 31 Agustus 2020   22:15 65 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal dan Memanfaatkan Produk Keuangan Ala Millenial
ilustrasi pribadi

Siapa bilang yang dapat berkontribusi untuk menjaga Stabilitas Sistem Keuangan hanya orang yang sudah berpenghasilan? Faktanya banyak anak muda yang tanpa sadar telah berkontribusi dalam menjaga Stabilitas Sistem Keuangan dengan menggunakan produk keuangan dalam kehidupan sehari-hari. 

Pasti banyak dari para millenial yang telah melakukan melakukan transaksi pembayaran atau transfer di bank. menyisihkan uang jajan untuk berinvestasi ataupun membeli paket asuransi guna memproteksi diri dari hal yang tidak diinginkan. 

Jika kalian adalah salah satunya selamat kalian sudah berkontribusi dalam menjaga stabilitas sistem keuangan negara kita tercinta.

Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, saat ini pemanfaatan produk keuangan menjadi berkali-kali lipat lebih mudah. 

Semua hal seakan dapat dilakukan secara digital, salah satu contohnya adalah pada saat melakukan transaksi pembayaran, sekarang masyarakat tidak lagi menggunakan uang tunai tetapi dengan cara memindai QR Code seperti penggunaan OVO, Gopay, Dana, Shopee Pay

Hal ini mempermudah dalam melakukan transaksi pembayaran karena dari pihak toko tidak perlu bingung lagi dengan uang kembalian. 

Sumber:inet.detik.com
Sumber:inet.detik.com
Perlu diketahui juga bahwa Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan sistem pembayaran yang menyatukan berbagai macam Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan satu QR Code dengan tujuan untuk menjadikan pembayaran lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya. Kekuatiran baru muncul dengan mewabahnya virus Covid-19 di seluruh penjuru dunia, yang mengharuskan berbagai negara untuk melakukan social distancing membuat sistem pembayaran digital seperti QR Code atau mobile banking menjadi solusi untuk membatasi interaksi sosial. Sehingga membuat pembayaran digital semakin marak digunakan.

Efek baik dari penggunaan pembayaran digital adalah kegiatan ekonomi dapat berjalan dengan baik namun kita tetap dapat bertransaksi dengan aman dan mudah tanpa perlu bingung kode mana yang harus discan untuk melakukan pembayaran dan juga tidak perlu takut terkena wabah covid-19, Keren banget kan?

Sumber:www.bi.go.id
Sumber:www.bi.go.id
Yang terpenting dalam menghadapi pandemi covid-19, kita tidak boleh panik. Jangan sampai kita menarik simpanan uang di dalam bank serempak. Bisa berakibat berbahaya loh untuk stabilitas keuangan negara.

Sumber: MetroTV
Sumber: MetroTV
Mengenal Macam Macam Produk Keuangan

Untuk membahas lebih lanjut tentang kontribusi kita di dalam menjaga stabilitas keuangan negara, kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang macam-macam produk keuangan. Berikut adalah jenis produk keuangan yang biasa digunakan oleh generasi millenial:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN