Mohon tunggu...
Evelyn Clarette Hidayat
Evelyn Clarette Hidayat Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka kpop

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

8 Desember 2022   21:06 Diperbarui: 8 Desember 2022   21:20 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada hari Kamis, 1 Desember 2020, saya dan beberapa teman saya memulai kegiatan Geladi Hominisasi dengan mengerjakan tugas pra Geladi. Tugas tersebut berisi pendapat saya tentang lagu "Indonesia Raya" dan juga memberikan opini tentang film dokumenter yang dipilih. Saya memilih film dokumenter tentang kehidupan masyarakat Kampung Naga. 

Setelah mengerjakan tugas pra Geladi, pada hari Minggu, 4 Desember 2022, kami memulai acara geladi secara online melalui aplikasi zoom. Saat itu, saya dan teman satu kelompok dengan saya berkenalan dan memilih siapa yang ingin menjadi ketua dan sekretaris kelompok. Saya berada di dalam kelompok 5 dan diketuai oleh Gisela, dan yang menjadi sekretarisnya yaitu Jessica. 

Kemudian kami mulai untuk berpendapat tentang hari guru dengan analisis "SWOT" (strength, weakness, opportunity, threats). Kami memakai tema tentang guru yang memakai "pinjol" atau pinjaman online karena gaji yang kurang untuk memenuhi kebutuhan. Setelah melakukan analisis, kami semua dikumpulkan ke dalam breakout room untuk melakukan presentasi. 

Semua kelompok secara berurutan melakukan presentasi, dipilih satu kelompok yang terbaik untuk menjadi perwakilan dari setiap breakout room. Pada akhirnya, didapat 4 kelompok yang menjadi perwakilan dari breakout room dan melakukan presentasi lagi untuk menjadi pemenang utama. 

Kelompok yang menang merupakan kelompok 12 dengan tema hari guru nasional. Pada akhirnya kami melakukan foto bersama, lalu setelah itu Geladi sudah selesai dengan baik. Sesudah melakukan geladi, kami semua mendapatkan tugas pasca Geladi. 

Ketika saya mengikut Geladi Hominisasi saya merasakan bahwa saya mendapatkan pemaham baru terhadap tema-tema yang dibahas oleh peserta Geladi. Saya juga melatih kepercayaan diri pada saat berkenalan dengan orang baru, dan berani untuk memberikan pendapat untuk topik presentasi. 

Saya merasakan bahasa Indonesia dan logika berpikir itu penting untuk kehidupan berbangsa dan bernegara, karena menurut saya semua hal itu penting untuk berpendapat dalam kehidupan di Bangsa Indonesia ini. 

Manfaat yang saya dapatkan, dari banyaknya tema yang dipaparkan oleh para peserta Geladi Hominisasi, banyak sekali hal-hal yang belum saya ketahui tentang tema tersebut, ada banyak permasalahan yang terkadang kita tidak peduli, padahal hal-hal tersebut penting untuk kehidupan kita di Indonesia. 

Dari Geladi Hominisasi ini saya belajar jika kita harus lebih peduli kepada keadaan di sekitar kita dan juga menghargai apa yang terjadi di antara kita semua. Saya juga percaya jika pengalaman yang kita dapat dari Geladi ini akan membantu kita untuk berubah menjadi seseorang yang lebih baik lagi dan mau terus bekerja keras dalam memberikan pendapat yang baik untuk memajukan Indonesia. Kita harus mau bekerja keras untuk meningkatkan pikiran-pikiran positif dan berbahasa yang baik dengan cara terus melatih kemampuan berpikir kita dengan membaca berita yang terbukti benar dan mau belajar lebih lagi. 

Evelyn-6162201037

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun