Mohon tunggu...
Eveline JoyChristy
Eveline JoyChristy Mohon Tunggu... Perencana Keuangan - Mahasiswi

untuk tugas universitas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Narasi Geladi Hominisasi

3 Desember 2022   15:40 Diperbarui: 3 Desember 2022   15:42 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Narasi / Deskriptif Geladi Hominisasi Pada 3 Desember 2022 

Proses Geladi Dari Awal Hingga Akhir

Pertama-tama saya mendaftar geladi hominisasi dari link yang telah tersedia untuk geladi yang tanggal 3 Desember 2022. Lalu beberapa hari sebelum saya mengikuti Geladi Hominisasi saya diberikan tugas pra-geladi ( tepatnya pada tanggal 30 November 2022) , tugas pra-geladi menjadi syarat untuk mendapatkan link zoom geladi yang akan diberikan sehari sebelum geladi. Saya mengerjakan tugas tersebut dan mendapatkan link zoom. Pada hari-H geladi saya masuk ke dalam zoom geladi pada pukul 7:45. Kegiatan geladi dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanta dan Hymne UNPAR. Dilanjutkan dengan sambutan dari Romo Yohanes Driyanto juga Pak Batu melalui sebuah video. 

Dalam video diberitahu bahwa Geladi Hominisasi diselenggarakan agar mahasiswa-mahasiswa UNPAR dapat belajar menjadi manusia yang berpikir logis/rasional, juga sebagai manusia yang memiliki kehendak bebas kami perlu memiliki tanggung jawab. Setelah sambutan kami(para peserta geladi) dikelompokkan ke kelompok kami masing-masing dan berkenalan di dalam sebuah breakout room. Kelompok saya merupakan kelompok nomor 8 dengan anggota Kayla, Devina , Jericho, Alika, Natasia, Zahra dan saya sendiri. 

Kami berkenalan dengan menyebutkan nama, jurusan, provinsi , hobi,dan makanan kesukaan kami. Lalu kami berdiskusi untuk memilih ketua dan notulen. Akhirnya terpilihlah Jericho sebagai ketua kelompok kami dan saya sendiri sebagai notulen kelompok. Setelah itu para peserta geladi mendengarkan penjelasan Bu Asnita tentang apa yang perlu kami lakukan untuk tugas geladi selanjutnya. 

Bu Asnita menjelaskan bahwa kami semua perlu menyiapkan sebuah presentasi tentang tema yang telah ditentukan saat kami telah dikelompokkan oleh panitia yang mengurus geladi. Kelompok saya mendapatkan tema hari anti kekerasan terhadap perempuan. Setelah mendengarkan penjelasan Bu Asnita, kami masuk ke breakout room ( setiap kelompok berbeda breakout room). Saya bersama anggota kelompok 8 masuk ke breakout room 8 untuk berdiskusi dan mengerjakan tugas yang telah diberikan. Pada pukul 10:50 seluruh peserta dikumpulkan kembali di main room dan masuk kembali ke breakout room. Breakout room dibagi menjadi 4, room 1 untuk kelompok 1 hingga kelompok 4, room 2 untuk kelompok 5 hingga kelompok 7,room 3 untuk kelompok 8 hingga kelompok 10,dan room 4 untuk kelompok 11 hingga kelompok 14. 

Saya kelompok 8 maka saya masuk ke breakout room 3, dalam breakout room masing-masing kelompok mempresentasikan apa yang telah didiskusikan dan dikerjakan dalam breakout room sebelumnya , lalu setiap orang dalam breakout room berpartisipasi voting untuk menentukan kelompok mana yang maju ke dalam final. Kelompok 8 mendapatkan juara ke 2 dan seluruh anggota kami bersyukur akan hal itu. Lalu semua peserta geladi kembali ke dalam main room untuk menonton para kelompok finalis. Setelah seluruh finalis mempresentasikan pekerjaan mereka, semua berpartisipasi voting untuk menentukan kelompok mana yang terbaik. 

Akhirnya,kelompok 2 memenangkan kompetisi dan menjadi yang terbaik untuk tugas ini. Setelah itu, kami menyanyikan hymne UNPAR , dilanjutkan dengan penjelasan tugas akhir oleh Bu Anggi . Seluruh peserta perlu mengisi absensi untuk mendapatkan link pengumpulan tugas akhir , lalu kami diperbolehkan untuk keluar dari zoom Geladi. Saya mengerjakan tugas akhir tersebut dan mengumpulkannya di hari yang sama dengan hari-H Geladi Hominisasi.

Refleksi Pengalaman terkait geladi Hominisasi

Pengalaman saya terkait geladi Hominisasi adalah pengalaman yang sangat seru dan menyenangkan. Saya bertemu dengan banyak orang yang belum saya kenal sebelumnya dan bahkan bekerja sama dengan mereka. Saya belajar untuk lebih terbuka ke orang lain, dan berkomunikasi dengan mereka. Tidak hanya itu, saya juga belajar cara bersosialisasi dengan banyak orang baru dalam waktu cepat, cara mengatur waktu,mempresentasikan sesuatu dengan menarik tanpa menggunakan powerpoint. Dimana semua hal ini pasti akan sangat berguna bagi saya terutama di lingkungan kuliah serta dunia kerja. 

Setelah mengikuti geladi Hominisasi,saya sadar kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara adalah hal yang penting. Dalam menjalankan seluruh tugas dari geladi saya membutuhkan pikiran logis dan bahasa yang dapat dimengerti orang lain. Terutama dalam tugas mempresentasikan tema. Bahasa pemersatu di Indonesia adalah bahasa Indonesia, dengan menggunakan bahasa Indonesia seluruh peserta geladi dapat mengerti apa yang saya presentasikan , juga saat berdiskusi seluruh anggota kelompok mengerti pendapat yang ingin saya sampaikan. 

Kemampuan yang saya pelajari dalam geladi Hominisasi akan saya terapkan dalam perjalanan kuliah saya dengan terus berpikir logis, berbahasa dengan baik ,bersosialisasi dengan orang baru dalam waktu cepat juga mengatur waktu. Saya dapat menerapkannya dalam keseharian saya yang sedang berkuliah,seperti misalkan ada sebuah tugas kelompok dan saya tidak terlalu mengetahui anggotanya ,maka kemampuan-kemampuan yang telah saya pelajari dalam geladi akan saya pakai. Saya juga akan meningkatkan kemampuan berpikir juga berbahasa saya dengan terus bertemu lebih banyak orang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun