Mohon tunggu...
Evawanih syahadah
Evawanih syahadah Mohon Tunggu... Mahasiswi Unpam

Universitas Pamulang

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Peran Otonomi Daerah: Meningkatkan Kesejahteraan dan Pembangunan Daerah

30 Oktober 2020   00:10 Diperbarui: 18 November 2020   19:02 329 1 0 Mohon Tunggu...

Dalam rangka mewujudkan kemajuan daerah, pemerintah pusat pada akhirnya melakukan penyerahan beberapa kewenangannya menjadi kewenangan pemerintah daerah guna mengatur urusan rumah tangganya sendiri atau yang sering kita sebut dengan otomi daerah.

Di Indonesia sendiri terdiri dari banyak pulau sehingga pemerataan dan usaha pembangunan daerah seringkali tidak terlaksana dengan baik. Dengan begitu, salah satu langkah yang diambil oleh pemerintah yaitu dengan melaksanakan otonomi daerah. Pelaksanaan otonomi daerah ini memiliki harapan agar kehidupan masyarakat luas menjadi lebih baik dan lebih berkembang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan juga mendorong kemajuan pembangunan daerah.

Guna melaksanakan pemerintahan di daerah, daerah otonom diberi kewenangan dan keleluasaan untuk mengembangkan daerah yang dipimpin nya. Namun, pelaksanaan otonomi daerah ini tidak sepenuhnya lepas dari pengawasan pemerintah pusat. Pelaksanaannya tetap diawasi oleh pemerintah pusat agar dapat berjalan sebagaimana mestinya dan sinkron dengan tujuan dan cita-cita nasional. Salah satu diantaranya, pemerintah daerah dapat memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk kepentingan memajukan daerahnya. Hasil dari pemanfaatan sumber daya alam tersebut dapat dimasukkan kedalam kas daerah.

Pelaksanaan otonomi daerah ini, diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat di daerah dan memajukan pembangunan daerah. salah satu upaya yang dapat dilakukan pemerintah daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan membimbing masyarakat dalam mengembangkan kreativitasnya yang berguna untuk membangun usaha agar dapat meningkatkan perekonomian warga daerahnya. Peran serta masyarakat dalam membangun serta memajukan daerahnya juga sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan otonomi daerah.

Beberapa tujuan otonomi daerah diantaranya yaitu agar terciptanya sebuah keadilan secara nasional, meningkatkan pelayanan masyarakat agar menjadi lebih baik dan mendorong pemberdayaan masyarakat. Dengan begitu, pelaksanaan otonomi daerah diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga mendorong kemajuan pembangunan daerah. Dalam pelaksanaan otonomi daerah, hak demokrasi juga harus tetap terlaksana. Salah satunya yaitu masyarakat dapat menyuarakan aspirasinya dan juga dapat ikut serta dalam mengawasi jalannya kebijakan publik yang diberlakukan di daerah tempat tinggalnya.

Hal yang wajib dilakukan daerah dalam menjalankan otonomi daerah diantaranya yaitu memajukan taraf hidup masyarakat sekitar, melaksanakan hak demokrasi, memenuhi keadilan dan merealisasikan pemerataan. Agar terlaksananya otonomi daerah yang sesuai dengan tujuan dan cita-cita, kepemimpinan kepala daerah yang baik dan juga partisipasi serta kontrol masyarakat sangat diharapkan. Seluruh kegiatan otonomi daerah harus ditujukan demi kepentingan bersama dan harus berorientasi kepada masyarakat.

Selanjutnya, upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya yaitu dengan melakukan pembangunan daerah. Salah satu diantaranya yaitu dengan meningkatkan kualitas pendidikan. Peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di daerah tersebut diharapkan dapat menjadi modal utama masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Pendidikan yang cukup juga dapat dijadikan bekal masyarakat dalam menyejahterakan kehidupannya.

Berdasarkan wewenang dan keleluasaan yang telah diberikan pemerintah pusat, daerah otonom bisa mengembangkan dan memajukan daerahnya melalui usaha-usaha dengan melibatkan partisipasi yang aktif dari masyarakatnya. Partisipasi dan peran aktif dari masyarakat ini sangat dibutuhkan guna mendorong perkembangan dan pembangunan perekonomian daerah.

Dari segi pelaksanaan otonomi daerah, pemerintah daerah juga harus kreatif dalam mengembangkan daerah yang dipimpinnya. Kreativitas dari para pemimpin daerah diharapkan dapat memajukan daerah dan berimbas kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Masalah penanganan keuangan dan anggaran daerah juga harus memiliki perencanaan yang baik. Perencanaan, pemanfaatan dan pengerjaan yang baik diharapkan bisa mengembangkan kualitas masyarakat sekitar serta mendorong kemajuan pembangunan daerah.

Namun, dalam pelaksanaan otonomi daerah di negeri ini masih banyak sekali hal-hal yang perlu diperbaiki dan disempurnakan agar cita-cita dan tujuan otonomi daerah dapat terwujud. Misalnya, dalam pelaksanaan otonomi daerah, masih sering kita mendengar banyaknya pemimpin daerah yang hanya mementingkan kepentingan pribadi dan kelompoknya dibanding kepentingan masyarakat luas. Selain itu, masih banyak juga kita temui kasus-kasus korupsi yang dijalankan oleh para pemimpin daerah.

Dalam hal mencegah dan memberantas korupsi dinegeri ini, diperlukan kerja sama dari berbagai pihak. Selain itu, strategi dalam mencegah korupsi sangat diperlukan agar bahaya dari korupsi dapat ditanggulangi dan dapat ditangani dengan bijak. Guna mencegah dan memberantas korupsi, hal-hal yang dapat dijalankan diantaranya yaitu dengan memperbaiki sistem serta memperbaiki perilaku dan kebiasaan buruk pegawainya. Penanaman nilai-nilai pancasila kepada para pejabat daerah juga sangat diperlukan. Dengan tertanamnya nilai-nilai pancasila disetiap individu, diharapkan adanya rasa tanggung jawab dan dapat berperilaku dengan baik sehingga kasus-kasus korupsi di negeri ini tidak terjadi lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN