Mohon tunggu...
Evaristus Astarka
Evaristus Astarka Mohon Tunggu... Menulis bagian dari hobiku.

Belajar kapan saja, di tempat manapun juga, dan sepanjang hayat.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Upacara HUT Ke-75 RI yang Unik dari Stelmasa

18 Agustus 2020   10:35 Diperbarui: 18 Agustus 2020   10:36 48 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Upacara HUT Ke-75 RI yang Unik dari Stelmasa
Paskibra Guru SMP Stella Matutina (dok.pribadi)

Bulan Agustus menjadi salah satu bulan yang dinanti bangsa Indonesia. Sejak di awal bulan banyak warga masyarakat ataupun lembaga mempersiapkan diri dalam menyabutnya. 

Benar, semua menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka mempersiapkan dalam bentuk menghias lingkungan sekitar termasuk menyiapkan, memasang umbul- umbul dan bendera sebagai wujud kecintaan serta kebanggaan  terhadap bangsa ini.  Untuk tahun ini memasuki ulang tahun RI yang ke-75.

Namun, sejak adanya pandemi corona tahun ini membuat kebiasaan yang selalu meriah dalam menyambut kemerdekaan menjadi agak lebih sederhana. Sebab masyarakat ataupun instansi diimbau untuk tidak mengumpulkan massa guna perlombaan, upacara bendera bersama, dan lainnya.

SMP Stella Matutina yang berlokasi di Jalan Diponegoro No 53 Salatiga pun mengalami hal yang serupa. Tahun- tahun sebelumnya mengadakan perlombaan untuk anak-anak maupun guru dengan meriah dan ramai. 

Kali ini upacara dilakukan dengan virtual. Biasanya selalu ramai banyak peserta upacara karena peserta upacara dari sekolah lain yang tergabung dalam sekolah di bawah naungan Marsudirini.

Unik. Ya untuk kali ini walau secara virtual upacara memperingati kemerdekaan RI ke-75 sangat unik. Bapak ibu guru dan karyawan bertugas sebagai petugas upacara dan peserta. 

Bu Yos sebagai pembaca urutan upacara, Bu Novi pembaca Doa, Pak Warpan pembaca proklamasi, Pak Wahyu pembaca Undang- undang Dasar 1945. Tak ketinggalan Bu Virine beserta 10 teman guru lainnya bertindak sebagai petugas pengibar bendera ( paskibra).

Setelah proses pengambilan gambar  dan proses editing beberapa hari beres ditangan Pak Alber, dkk hasilnya pun siap untuk dipublikasikan.   Pada tanggal 16 Agustus 2020 link canel youtube milik sekolah pun diberikan kepada siswa-siswi SMP Stella Matutina, orang tua siswa kelas 7,8,9, dan juga kepada alumni supaya ikut terlibat menonton kegiatan upacara virtual tersebut.

Tak disangka banyak komentar positif dari orang tua, siswa-siswi maupun khalayak umum yang sempat melihat tayangan upacara virtual ini. Kagum dan bangga, di tengah pandemi yang merajalela guru karyawan SMP Stella Matutina tetap aktif dan kreatif demi Indonesia.

Suster M. Christiana Tri Mulyani, OSF, S.Pd, M.A selaku kepala sekolah pun merasa bangga dengan guru dan karyawannya . Beliau berpesan bahwa kita harus tetap melakukan yang terbaik untuk sekolah ini dan juga dalam mengisi kemerdekaan ini. Sehingga kita bisa menjadi bagian warga negara Indonesia yang baik dan inspiratif untuk sesama .

Selamat hari ulang tahun ke- 75 untuk Indonesia tercinta. Indonesia makin maju dan jaya. Merdeka...merdeka...pungkasnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x