Mohon tunggu...
Eva Resti Mawarni
Eva Resti Mawarni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Ekonomi Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Tips Hadapi Resesi 2023 ala Mahasiswa

29 November 2022   18:00 Diperbarui: 29 November 2022   18:03 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Resesi ditahun 2023, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati memperkirakan bahwa resesi global yang disebabkan oleh kenaikan suku bunga dibeberapa bank sentral negara secara agresif, akan terjadi di tahun 2023. Lantas hal tersebut, apakah berdampak bagi mahasiswa?

Secara sederhana, resesi adalah perekonomian dari suatu negara dalam keadaan memburuk. Hal ini dapat dilihat dari Produk Domestik Bruto yang negatif. Kondisi ini dapat menyebabkan daya beli masyarakat menurun, angka pengangguran meningkat dan juga kesejahteraan masyarakat juga terganggu.

Kondisi perekonomian yang tidak stabil dalam kurun waktu yang terbilang lama itu, masyarakat dan tak terkecuali mahasiswa perlu memahami dan mempersiapkan pengelolaan finansial secara optimal agar tetap dapat bertahan dimasa resesi. Berikut tips hadapi resesi bagi mahasiswa,

1. Jangan Panik

Baik bagi mahasiswa ataupun masyarakat, patutnya tidak perlu takut untuk menghadapi ancaman resesi ini. Lakukan aktivitas konsumsi seperti biasa. 

Tetaplah melakukan kegiatan konsumsi agar ekonomi tetap bergerak dan tumbuh.

2.  Cadangkan Dana Darurat

Sebagai seorang mahasiswa, untuk menghadapi resesi ekonomi wajib memiliki dana darurat. Dengan dana darurat kita dapat mengantisipasi terjadinya suatu hal buruk yang tidak diinginkan. Dan juga hitunglah pengeluaran bulanan 3 kali lipat dari biasanya.

3. Hindari Utang Konsumtif

Orang berhutang konsumtif untuk kebutuhan Apakah boleh? Boleh, namun bedakan  antara keinginan dengan kebutuhan Jika Itu Memang kebutuhan maka diperbolehkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun