Mohon tunggu...
Eva Rahayu
Eva Rahayu Mohon Tunggu... Lainnya - WIZ.AI

I'm a results driven individual who finds creative and efficient ways to achieve marketing objectives & sales target by deep diving into data. I've a penchant for technology and customer lifecycle, crafting a compelling narrative and amplifying value propositions in the products that I market.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

10 Cara Talkbot Meningkatkan Efisiensi Call Center

22 Oktober 2021   18:04 Diperbarui: 22 Oktober 2021   18:08 169 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Efisiensi call center sangat erat kaitannya dengan kemampuan dan biaya operasional. Sebagian besar bisnis kesulitan untuk tetap fleksibel dan menjaga kualitas layanan yang konsisten, karena kondisi bisnis yang mudah berubah.

 Untuk itu, Talkbot hadir sebagai   solusi mutakhir untuk menyelesaikan masalah-masalah bisnis yang terjadi akibat perubahan permintaan, tingkat perputaran karyawan, integrasi sistem yang buruk, dan masalah-masalah lain yang mungkin muncul. 

Untuk lebih memahami bagaimana Talkbot dapat membantu anda menyelesaikan masalah-masalah tersebut, berikut bahasannya. 

  1. Otomasi Berbasis Kecerdasan Buatan (AI)

Saat bicara soal pelayanan pelanggan, kebanyakan pelanggan lebih suka berbicara dengan manusia dibandingkan dengan sistem otomatis. Berbicara dengan robot atau "bot" membuat pelanggan merasa tidak nyaman, atau bahkan tidak dihargai. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa sistem call center otomatis kadang membuat perusahaan merasa serba salah. 

Di satu sisi, call center dapat membantu perusahaan mengurangi biaya operasional secara signifikan. Di sisi lain, perusahaan harus mengorbankan kualitas layanan yang pastinya akan berdampak pada kepuasan pelanggan. Mengingat hal ini, Talkbot dikembangkan sebagai solusi terbaik call center, yang dilengkapi dengan teknologi percakapan suara hiper-realistik, yang mampu berkomunikasi dengan pelanggan dalam bahasa yang digunakan oleh negara-negara di ASEAN seperti Bahasa Inggris, Singlish, Mandarin, Filipina, dan Bahasa Indonesia. 

Hal lain yang spesial dari Talkbot adalah kemampuannya untuk melakukan interupsi, mengenali maksud, dan melanjutkan percakapan dengan statemen klarifikasi maupun pertanyaan yang sesuai. layaknya agen manusia. Selain itu, Talkbot terdengar sangat natural, 95% pengguna bahkan tidak tahu jika mereka sedang berbicara dengan bot. Jadi, dapat disimpulkan bahwa mengotomasi call center dengan talkbot dapat membantu perusahaan mengurangi biaya operasional, tapi dengan tetap menjaga kualitas layanan terbaik. 

  1. Menjaga Best Practice

Dalam masa pengembangannya, Talkbot dibuat dengan referensi standar terbaik dalam bidang layanan pelanggan. Talkbot dilatih berdasarkan seluruh percakapan panggilan telepon yang berhasil dilakukan oleh agen call center. Setelah itu, Talkbot akan secara otomatis merapikan dialog dan mengadopsi pendekatan alur pekerjaan yang terstandar untuk memenuhi objektif bisnis untuk setiap skenario panggilan yang dibutuhkan. 

Dulu, pelatihan staf pelayanan pelanggan merupakan salah satu kunci bagi call center untuk meminimalisasi inkonsistensi dan kegagalan dalam pelayanan. Tapi, dengan teknologi-teknologi di balik Talkbot perusahaan tidak perlu lagi bergantung pada program pelatihan staf pelayanan pelanggan untuk memberikan kualitas layanan terbaik. Ini juga berarti waktu yang dibutuhkan untuk melatih agen baru dapat dikurangi. 

  1. Solusi One Call

Kelebihan Talkbot terkait desain dan manajemen percakapan dapat dicapai karena basisi pengetahuan yang kuat. Tidak seperti agen manusia yang mungkin harus menyelesaikan masalah di lain waktu karena tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang masalah yang dihadapi, Talkbot dapat menangani berbagai pertanyaan (FAQ) dan melakukan tugas-tugas rutin secara konsisten. 

Saat Talkbot tidak dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pelanggan, Talkbot dapat secara otomatis mengalihkan panggilan ke agen atau pihak-pihak terkait yang lebih memahami permasalahan yang dihadapi pelanggan. Dengan sistem seperti ini, kesulitan yang dialami pelanggan dapat diselesaikan secara efektif dan efisien dalam 1 panggilan telepon.

  1. Mengurangi "Waktu Diam" Dalam Panggilan Telepon

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan