Mohon tunggu...
Eva Nur Indah Sari
Eva Nur Indah Sari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pati, Jawa Tengah Indonesia

Harus terus mencoba, fighting!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mengejutkan! Ternyata Permainan Petak Umpet dapat Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa

6 Desember 2021   06:10 Diperbarui: 6 Desember 2021   06:19 157 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mengejutkan, ternyata permainan petak umpet dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa

Berbicara mengenai matematika, matematika adalah suatu bidang studi yang sangat banyak manfaat dan kegunannya dalam mempelajari bidang studi ilmu yang lainnya. 

Namun faktanya, matematika sering dianggap sebagai momok yang paling menakutkan bagi seorang pelajar, mereka beranggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang harus dihindari, hal inilah yang menjadi pemicu ataupun penyebab seorang pelajar tidak menyukai dengan mata pelajaran matematika. Salah satunya adalah kemampuan berhitung dasar pada anak yang usianya masih dini, disini matematika sangat berperan dalam menunjang kemampuan pada anak terutama pada konsep berhitung sederhana.

Kemampuan berhitung merupakan suatu kemampuan yang dipunyai pada diri seorang anak dalam mengembangkan kemampuannya, yang mana hal ini dimulai dari lingkungan terdekat anak. 

Disini anak diharapkan mampu dalam mengenal angka, menyebutkan dan mengurutkannya sesuai dan tepat, cara agar kemampuan berhitung anak meningkat tidak selalu menggunakan cara-cara yang lama yakni dengan cara menggunakan rumus, karena dengan menggunakan cara lama tersebut dapat menjadi pemicu kegagalan pada anak, jika anak diajarkan mengenai teori matematika dengan cara yang kurang tepat, maka hasilnya pun akan tidak sesuai dengan apa yang diharapakan, berujung pada anak yang akan lemah dalam bidang matematika. 

Oleh sebab itu, dalam mengajarkan pada anak tidak harus melulu berkutat dengan rumus-rumus, namun dapat diselingi pada kegiatam sehari-hari.

Seperti halnya melalui permainan, secara tidak langsung kita mengajarkan kepada anak tentang konsep dari penjumlahan dan pengurangan, bermain merupakan sebuah kegiatan yang dapat dilakukan dengan menggunakan alat maupun tidak menggunakan alat yang dapat menimbulkan rasa senang pada anak, dalam hal inilah anak lebih suka dalam bermain. 

Metode permainan yang dapat meningkatkan konsep berhitung pada anak terutama dalam mengenal, menyebutkan serta mengurutkan dan menghitung dapat melalui permainan petak umpet, petak umpet sendiri merupakan permainan yang berasal dari betawi, permainan ini salah satu permainan yang sangat fenomenal di nusantara, yang dimainkan dengan cara mencari teman-temannya yang bersembunyi, dari permainan petak umpet ini bertujuan utuk mengenalkan, mengurutkan serta menghitung dari bilangan 1-10, manfaatnya dari permainan ini adalah anak menjadi mampu berhitung dan juga dapat melatih kerjasama antar tim dan teman-temannya, anak secara bergantian menyebutkan angka secara urut atapun acak.

Dari paparan yang telah disampaikan diatas dapat ditarik kesimpulan, bahwasannya penerapan metode bermain dengan menggunakan permaian petak umpet dapat menunjang peningkatan kemampuan berhitung pada anak, hal itu dapat dilihat dari anak saat bermain petak umpet dalam mengenal dan menyebutkan bilangan angka 1-10 dan mengurutkannya pada saat bermain petak umpet

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan