Mohon tunggu...
Evan Putra Ichwansyah
Evan Putra Ichwansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Kelompok 54 Gelombang 07 PMM UMM Ikut Serta dalam Kegiatan Perkebunan Bunga Mawar di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji

21 September 2022   00:25 Diperbarui: 21 September 2022   00:27 185 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Bulukerto merupakan sebuah desa yang terletak di kecamatan bumiaji, kota batu. Desa ini memiliki kondisi geografis dan iklim yang mendukung dalam sektor pertanian dan perkebunan karena terletak di lereng Gunung Arjuna. 

Salah satu hasil perkebunan desa ini yaitu berupa bunga mawar. Potensi yang dimiliki pada perkebunan bunga mawar di desa Bulukerto ini cukup baik jika dikelola dengan tepat yang dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat

Oleh karena itu mahasiswa UMM dalam program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) mengadakan kegiatan untuk mengobservasi dan ikut serta dalam proses budidaya bunga mawar dari pemetikan bunga sampai dengan pembersihan duri. 

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu pekerjaan petani bunga mawar agar lebih efektif. Selain membantu pekerjaan para petani, mahasiswa juga belajar tentang tata cara pembudidayaan bunga mawar dari awal sampai akhir. 

Pak Juma’i selaku petani mawar di desa Bulukerto mengatakan “Kedatangan mahasiswa yang sedang melaksanakan kegiatan PMM di desa kami sangat membantu dengan berkontribusi langsung di kebun kami dari proses awal sampai akhir.”

Kegiatan yang dilakukan mahasiswa UMM ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 3-5 September 2022. Pada 3 September 2022 kegiatan yang dilakukan yaitu melakukan survei dan koordinasi dengan petani bunga mawar. Kegiatan koordinasi ini dilakukan untuk mendiskusikan program kerja yang akan dilakukan pada hari berikutnya.

Kegiatan selanjutnya dilakukan pada tanggal 4 September 2022, mahasiswa berpartisipasi secara langsung di kebun mawar milik Pak Didin yang terdapat total 24 pekerja. 

Beberapa jenis bunga mawar yang dibudidayakan yaitu mawar merah, mawar putih, dan mawar kuning. Bunga mawar tergolong bunga yang mudah kehilangan air, maka waktu panen yang paling baik adalah pada pagi hari yaitu sekitar pukul 06.00-08.00 karena pada saat itu kandungan air dan kandungan makanan lainnya di dalam tanaman masih cukup. Bunga yang dipotong pada pagi hari akan lebih tahan lama dan mempunyai fase hidup yang lebih panjang. 

Bunga mawar mulai dapat dipanen bila seluruh kelopak bunga (calyx) telah membuka semua dan 1 atau 2 petal telah membuka, tanaman yang telah dipanen akan mulai bertunas lagi dan bunganya dapat dipanen lagi setelah 40-50 hari. 

Panen dilakukan dengan menggunakan pisau atau gunting yang tajam, hal ini  dilakukan agar tidak terjadi infeksi dan memar pada tangkai bunga yang dapat menyebabkan mudah terserang penyakit dan rusaknya tangkai, tangkai bunga dipotong dengan jarak dua ruas dari pangkal batang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan