Mohon tunggu...
Evan Permana
Evan Permana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pertanian

Suka traveling dan bermain game

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Hidden Gem Air Terjun Kalipancur

5 Maret 2023   20:59 Diperbarui: 5 Maret 2023   21:04 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hai teman-teman! Kali ini aku akan menceritakan pengalamanku saat berkunjung ke Ekowisata Air Terjun Kalipancur bersama teman-temanku. Air Terjun Kalipancur terletak di kaki Gunung telomoyo, tepatnya di Gejayan, Nogosaren, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Air terjun ini berjarak sekitar 14 KM dari alun-alun Kota Salatiga. 

Akses jalan menuju air terjun ini sudah cukup mumpuni untuk motor dan mobil kecil. Harga tiketnya juga terjangkau, yaitu hanya Rp 5.000,00. Sayangnya, pengelolaan loket air terjun yang kurang terawat dan juga jarak dari area parkir menuju air terjun cukup jauh menjadikan air terjun ini sepi peminat.

Dari area parkir kita harus berjalan 1 KM menuju air terjun melalui jalur setapak. Sebagian besar jalan masih berupa tanah, ada juga di beberapa bagian jalan yang sudah di beton. 

Di sepanjang jalan kita akan dihadapkan dengan pemandangan hutan kaki Gunung Telomoyo yang masih asri. Setelah berjalan beberapa saat, suara air terjun sudah bisa didengar. Dan benar saja, tak lama setelah itu Air Terjun Kalipancur dapat dilihat dari kejauhan. Kamipun berhenti beberapa kali untuk beristirahat dan sesekali memotret keindahan alam yang ada. 

Disediakan 2 gubuk untuk beristirahat bagi para pengunjung, namun sangat disayangkan kondisi gubuk tersebut tidak terawat. Sehingga kami lebih memilih untuk beristirahat di pinggir jalan maupun di bebatuan besar yang ada di dekat jalan.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Di sepanjang jalan, kita juga dapat melihat beberapa mata air. Mata air tersebut dibiarkan mengalir ke sungai yang terbentuk dari Air terjun Kalipancur. Selain dibiarkan mengalir, ada mata air yang dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai sumber air bersih dan pengairan sawah dan ladang. 

Ada beberapa aliran air yang melewati jalan, menyebabkan jalan berlumut dan berlumpur sehingga jalan menjadi licin sehingga kita harus berhati-hati saat menyusuri jalan. Bahkan di dekat air terjun , ada bagian jalan yang tertutup oleh lumpur.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Sesampainya di air terjun, dapat dirasakan angin yang berhembus kencang diiringi dengan cipratan air dari air terjun yang dingin. Tebing yang tinggi dipenuhi dengan rerumputan, sekitar air terjun yang masih asri dipenuhi dengan pepohonan, ilalang dan juga udara yang sejuk menambah keindahan Air Terjun Kalipancur. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun