Mohon tunggu...
Eva Sylvia
Eva Sylvia Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Program KKN UNS Era Covid-19: Memberikan Edukasi dan Sosialisasi Secara Daring Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 di Ngentak, Bantul

10 Juli 2020   18:11 Diperbarui: 16 Juli 2020   09:02 19 0 0 Mohon Tunggu...

Bantul- Pada tahun 2020 ini Universitas Sebelas Maret (UNS) tetap melakukan pelaksanaan program KKN meskipun sedang berlangsung pandemi Covid-19. 

KKN tersebut dinamakan KKN UNS Era Covid-19. Program KKN ini dilaksanakan di alamat tempat domisili mahasiswanya masing-masing dan pelaksanaanya dilakukan secara individu. Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini sebagai wujud relawan untuk menangani dan sebagai tindakan preventif dalam menghentikan laju penyebaran covid-19.

Eva Sylvia NIM K7617029, mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret telah melaksanakan serangkaian program KKN Era Covid-19. Pelaksanaan KKN ini dimulai pada tanggal 15 Mei hingga 30 Juli 2020 dan bertempat di Ngentak RT 04, Poncosari, Srandakan, Bantul, DIY. Program KKN ini dilaksanakan dengan bimbingan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), yaitu Bapak Prof. Dr. Eng. Syamsul Hadi, ST., M.T.

Pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Era Covid-19 ini mengusung tema "Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19". Terdapat beberapa program KKN yang telah dilaksanakan.

Program pertama, yaitu pembuatan konten media sosial baik berbentuk poster online hingga video animasi yang berisi informasi seputar covid-19. Program tersebut sebagai wujud cara untuk mengedukasi masyarakat agar lebih mengetahui dan memahami informasi seputar covid-19 dan bagaimana cara pencegahannya.

Program kedua, yaitu pembuatan banner seputar Covid-19. Banner tersebut dipasang di depan gang pintu masuk RT 04. Pemasangan banner ini bertujuan untuk memberi informasi seputar covid, seperti anjuran untuk memakai masker, physical distancing, hingga anjuran untuk lebih rajin cuci tangan.

Program ketiga, yaitu pengadaan tempat cuci tangan dan pengisian tempat air cuci tangan. Tempat cuci tangan tersebut diletakkan di masjid, pos ronda, dan rumah kepala dusun Ngentak. Dengan adanya program ini, masyarakat sangat terbantu dan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut.

Program selanjutnya, yaitu sosialisasi secara daring pembuatan masker kain dan pembagian bahan-bahan untuk membuat masker kain. Pelaksanaan sosialisasi tersebut dilakukan melalui WhatsApp Group dengan ibu-ibu Dasawisma RT 04. Sosialisasi tersebut dilakukan dengan cara memberikan video tutorial pembuatan masker kain agar ibu-ibu peserta sosialisasi lebih memahami bagaimana cara pembuatannya. Program ini mendapatkan respon yang positif dari ibu-ibu dasawisma, mereka sangat berantusias mengikuti sosialisasi secara daring ini.

Program terakhir, yaitu sosialisasi secara daring pembuatan minum kesehatan melalui WhatApp Group. Program ini dilaksanakan dengan memberikan materi cara pembuatan minuman kesehatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan agar terhindar dari Covid-19. Dengan adanya program ini, masyarakat jadi lebih mengetahui cara pembuatan minuman kesehatan sehingga daya tahan masyarakat akan semakin meningkat dan terhindar dari Covid-19 namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x