Mohon tunggu...
Eva Tri Mahmudi
Eva Tri Mahmudi Mohon Tunggu... Universitas PGRI Semarang

Penulis pemula. Semoga bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Gerakan 5M dalam Upaya Pencegahan COVID-19

17 Juni 2021   08:45 Diperbarui: 17 Juni 2021   08:49 44 1 0 Mohon Tunggu...

Terhitung dari tanggal 17 Juni 2021, orang yang terinfeksi COVID-19 di Indonesia sudah  mencapai 1,9 juta. Penularan yang sangat cepat menjadi penyebab utama angka orang terinfeksi COVID-19 sangat tinggi. Jumlah orang yang meninggal dunia akibat COVID-19  menyentuh angka 53 ribu jiwa, dan makin banyak pula sektor yang mengalami kolaps akibat pandemi COVID-19.

Di sisi lain, masih banyak warga yang melanggar protokol kesehatan, atau bahkan belum tahu dengan protokol kesehatan yang lebih efektif yaitu 5M. Pemerintah sudah membuat kebijakan protokol kesehatan dengan melakukan 3M : menjaga jarak, muncuci tangan, dan memakai masker.

Untuk gerakan 5M ini akan saya buat versi saya sendiri sebagai tindak lanjut dari gerakan sebelumnya yaitu 3M. Dengan disiplin melakukan 5M ini kita dapat mencegah diri dari infeksi virus COVID-19. Adapun gerakan 5M yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, memakan makanan bergizi, dan memikirkan hal positif.

Memakai Masker

Selalu gunakan masker saat keluar rumah. Gunakan masker yang bersih, jika masker kain cucilah setelah dipakai. Setiap orang paling tidak memiliki 5 masker untuk dipakai secara bergantian.

Menjaga Jarak

Jika ada keperluan  mendesak yang mengharuskan kita untuk pergi keluar rumah, ingatlah untuk selalu melakukan jaga jarak satu sama lain. Jarak yang dianjurkan adalah 1 sampai 2 meter dari orang sekitar.

Mencuci Tangan 

Mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun secara berkala. Jika tidak memungkinkan untuk melakukan cuci tangan anda bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan dari kuman, virus, dan bakteri yang menempel.

Memakan Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan yang bergizi berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh kita baik, tubuh juga akan mudah untuk melawan virus yang masuk ke dalam tubuh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN