Mohon tunggu...
ev fathoni
ev fathoni Mohon Tunggu... Perawat - perawat

saya Evan, saya salah satu mahasiswa di fakultas ilmu keperawatan di Universitas Indonesia, saya memiliki pengalaman kerja di beberapa Rumah sakit dan klinik yang ada di jakarta dan depok, disini izinkan saya untuk berbagi sedikit cerita perihal pengalaman yang saya alami.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa Berwirausaha? Kenapa Tidak?

12 Juli 2022   00:12 Diperbarui: 12 Juli 2022   00:21 365
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo teman-teman semua, perkenalkan saya Evan, saya biasa dipanggil teman-teman satu Angkatan saya dengan panggilan "Mas Ev" (yang pakai kaos putih ya teman-teman...hehehe, foto diambil di depan lapak yang sedang saya kelola saat ini), saya adalah salah satu Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) program Ekstensi Angkatan Tahun 2021, selain itu saya juga sebagai perawat / Tenaga medis di salah satu pelayanan Kesehatan di kota Depok.

Sekilas membahas tentang Mahasiswa tentunya kita tidak asing lagi apa tugas dan kewajiban seorang Pelajar / Mahasiswa ya teman-teman...Yah benar, tidak lain dan tidak bukan adalah Belajar, tapi teman-teman juga harus tahu ya selain tugas dan kewajiban kita belajar, kita sebagai Pelajar / Mahasiswa tidak ada salahnya juga bisa belajar berkarya, yaa kita ambil saja contohnya adalah berwirausaha.

Berbicara tentang berwirausaha, kita semua pasti tahu dong apa berwirausaha itu, ini ada beberapa ahli berpendapat tentang wirausaha. Menurut Stein dan John F. Burgess mereka mengungkapkan bahwa wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala resiko untuk menciptakan peluang usaha, dan usaha baru, ada juga pendapat dari tokoh lain seperti yang disampaikan oleh Mas`ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz (2004) bahwa wirausaha adalah seorang inovator yang mampu mengubah kesempatan menjadi sebuah ide yang bisa dijual, dapat memberikan nilai tambah melalui upaya, waktu, biaya, serta kecakapan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Nah dari pengertian tersebut tentunya kita jadi ada sedikit gambaran dan menambah wawasan teman-teman tentang berwirausaha, sebenarnya masih banyak lagi pendapat para ahli tentang wirausaha itu sendiri, tentunya dari berwirausaha ini kita bisa banyak belajar tentang bagaimana kita bisa me manage waktu dengan baik, mendisiplinkan diri dengan baik, dan belajar bertanggung jawab atas keputusan yang telah kita ambil, terlebih status kita sebagai seorang Pelajar / Mahasiwa yang mana tugas dan kewajiban kita adalah Belajar.

Tidak sampai disitu saja ya teman-teman, teman-teman pasti pernah mendengar juga ada salah satu Hadist Nabi Muhammad SAW yang di riwayatkan oleh Baihaqi yang berbunyi "Sesungguhnya sebaik baiknya usaha adalah usaha bedagang." Nahh jadi semakin jelas ya teman-teman, Nabi Muhammad SAW saja menganjurkan untuk kita bisa berwirausaha dengan cara berdagang, jadi jangan ragu ya ketika mau memulai berwirausaha.

Ketika teman-teman ada waktu luang, ada tabungan tidak ada salahnya kok teman-teman mencoba berwirausaha, selain teman-teman  bisa berkarya, teman-teman juga bisa mendapatkan banyak pelajaran dari berwirausaha ini, seperti yang sudah saya sampaikan di atas tadi.

Yukkk sudah bukan waktunya kita merepotkan kedua orang kita lagi, yang semakin hari usia mereka semakin senja, dan sudah saatnya juga di usia kedua orangtua kita selayaknya untuk di bahagiakan bukan untuk direpotkan, saya yakin dengan teman-teman berkarya, berwirausaha, kedua orang tua teman-teman bangga lho, ternyata putra / putrinya selama ini bisa hidup mandiri dan tidak menjadi beban kedua orang tua, dan itu adalah salah satu prestasi teman-teman pastinya.

Jadi kesimpulannya, meskipun kita sebagai seorang Pelajar / Mahasiswa, jangan takut untuk memulai berkarya, dan berwirausaha yaa, karena bagaimanapun juga semua itu akan kita petik hasilnya dikemudian hari, tapi tetap jangan melupakan tugas dan kewajiban kita sebagai seorang Pelajar / Mahasiswa ya teman-teman, jangan kerena sudah keenakan berwirausaha Pendidikan terabaikan, Pendidikan itu sangat penting ya teman-teman.

O Iya terakhir sebelum saya sudahi tulisan ini, saya ingin menginfokan kepada teman-teman semuanya, apabila melewati jalan di dekat lapak saya, mampir ya teman-teman hehehe, siapa tahu kita bisa sharing dan diskusi perihal berwirausaha ini, untuk alamat lengkapnya di "Kp. Areman Jl. Gotong Royong No. 61 Rt/Rw 006/008, Tugu, Cimanggis, Depok".ingat ya teman-teman kompasiana, Jangan lupa mampir yaa. Semoga curahan hati saya ini bisa menginspirasi teman-teman semua yah, dan tidak takut untuk memulai berkarya atau  berwirausaha apapun jenis dan bentuknya.

Salam sukses dan semangat untuk kita semua para Pelajar / Mahasiswa Indonesia.

"Good Luck, and God Bless Us All"

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun