Mohon tunggu...
Eunike ApriantyTarigan
Eunike ApriantyTarigan Mohon Tunggu... Happy Writing

Hai, nama saya eunike. Saya suka dengan menulis sehingga saya menggunakan kompasiana ini untuk menyalurkan ide-ide saya. Happy Reading :)

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Menjadi Generasi yang Cinta Indonesia

16 Juni 2019   00:44 Diperbarui: 16 Juni 2019   09:52 517 1 0 Mohon Tunggu...

Hai, para generasi-generasi Indonesia yang hebat dan luar biasa. Apa Kabar? Saya harap semua dalam keadaan sehat walafiat. Sebab,Generasi yang sehat dan berkualitas sangat dibutuhkan oleh Negara kita Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada saat ini, penulis membuat judul mengenai MENJADI GENERASI YANG CINTA NEGARA NYA. Alasannya apa sih sehingga penulis membuat judul seperti itu? Saya sudah sering menjumpai generasi-generasi muda yang tidak bangga terhadap negaranya sendiri . Generasi yang malu terhadap bangsa dan negaranya. Padahal,Perkembangan Negara sangat ditentukan dari Generasi-Generasi yang bakal muncul dikemudian hari. Apa jadinya jika generasi-generasi yang akan muncul dikemudian hari,mereka tidak bangga dan cinta kepada Negaranya sendiri? Mustahil negara tersebut akan maju. Oleh Karena Itulah,Penulis ingin membuat artikel mengenai MENJADI GENERASI YANG CINTA NEGARANYA agar banyak generasi-generasi yang malu terhadap negaranya sendiri menyadari pentingnya mencintai negara nya. 

Kita Langsung saja membahas apa sih alasannya kita sebagai generasi Indonesia harus mencintai negara kita sendiri : 

1. Kecintaan terhadap Negara sangat berpengaruh pada nama baik Negara tersebut

Kenapa seperti itu? Apa hubungannya cinta negara dengan nama baik negara? Hubungannya sangat begitu erat dan saling bergantung. Apa sebabnya? Dalam hal sederhana, jikalau anda mencintai orang yang kamu kasihi pasti anda akan memberikan yang terbaik bagi nya. Contohnya,kepada Orang Tua kita. Saya yakin kita semua pasti mencintai orang tua kita masing-masing. Nah,karena anda mencintai mereka so pasti anda akan melakukan yang terbaik bagi mereka . Anda sekolah,kuliah dan kemudian bekerja hingga kesuksesan menghampiri anda . Anda belajar dan bekerja keras untuk siapa sih? Pasti untuk masa depan anda dan untuk orang yang anda cintai terkhususnya Orang Tua bukan? Jikalau anda sukses, pasti nama baik orang tua anda baik dimata orang lain. Tapi sebaliknya,anda menyia-nyiakan kesempatan anda hingga semuanya berlalu begitu saja tanpa ada hasil yang terbaik. Sebabnya kenapa? Karena anda tidak mencintai masa depan anda dan orang-orang yang anda cintai. Jikalau anda gagal,nama baik orang tua anda pasti buruk dimata orang lain. Orang lain berpikir bahwa Orang Tua kamu tidak bagus dalam mendidik anak. Padahal faktanya,anda sendiri yang telah menyiakan semuanya. 

Sama hal nya dengan Negara kita,Jikalau kita mencintai negara kita sendiri so pasti kita berbuat yang paling terbaik guna mengharumkan nama baik negara kita di mata negara lain. Contohnya ,Pada Asian games pada tahun 2018 kemarin. Kita bisa melihat bagaimana perjuangan para generasi Indonesia berjuang pantang menyerah. Apa sih tujuan mereka berjuang demikian? Mereka berjuang demi mengarumkan nama baik bangsa Indonesia dan keluarga mereka . Kenapa sih mereka berjuang demi nama baik bangsa dan keluarga mereka? Karena mereka mencintai bangsa dan keluarga mereka sehingga mereka berjuang dan melakukan yang terbaik. Kita lihat banyak pejuang-pejuang Indonesia pada Asian Games yang mendapat medali emas,perak dan perunggu. Pada pejuang yang meraih medali emas saat acara pengibaran bendera,Bendera Merah Putih mendapat posisi nomor 1 dan Indonesia Raya berkumandang saat ceremony. Moment yang sangat mengharukan dan terkenang sepanjang masa. Segala letih yang mereka perjuangkan sirna semua saat moment tersebut. Kemenangan Indonesia menjadi Prestasi dan Mengharumkan nama negara kita. Itulah sebabnya, kita harus cinta negara kita NKRI agar nama baik NKRI kita tetap baik dimata negara lain. 

2. Kecintaan terhadap Negara sangat berpengaruh pada keutuhan Negara

Nah , Apa sih hubungannya cinta negara dengan keutuhan negara? Kita kembali kemasa lalu,kita tahu bahwa Indonesia pernah dijajah oleh penjajah asing dan itu merupakan masa-masa kelam dan bersejarah bagi Negara kita. Kita tahu bahwa banyak pejuang-pejuang Indonesia yang rela mati demi kemerdekaan Indonesia. Apa sih alasan mereka melakukan pengorbanan seperti itu? Alasannya adalah KARENA MEREKA CINTA NEGARA INDONESIA . Itulah alasan mereka sehingga mereka rela berpisah dari keluarga nya dan rela mempertaruhkan  nyawa mereka karna hanya untuk membela keutuhan negera yang mereka cintai. Dan apakah layak kita sebagai generasi penerus bangsa menyia-nyiakan pengorbanan mereka ? Kita tidak mencintai negara kita, kita menganggap rendah negara sendiri dan kita malu sebagai bangsa Indonesia. Soekarno mengatakan bahwa Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.Jikalau kita tidak mencintai negara kita, kita tidak menghargai jasa para pahlawan sehingga bisa dikatakan kita belum bisa disebut sebagai  BANGSA YANG BESAR Jikalau anda tidak mencintai negara anda dan menganggap rendah bangsa anda sendiri, bagaimana lagi negara kita dimata negara lain? Mereka pasti akan menyepelekan dan memandang rendah negara kita. Apakah anda sanggup jikalau negara lain menghina negara anda sendiri? Saya rasa kita tidak akan sanggup jikalau negara lain melecehkan negara kita. Jikalau kita tidak mencintai bangsa kita, sangat mudah masuk pihak asing untuk menghancurkan keutuhan bangsa. Sebab,generasi penerus tak mencintai negaranya. Kita pasti pernah mendengar adanya penjualan beberapa pulau yang masih belum dihuni di Indonesia yang dijual kepada pihak asing. Kenapa mereka bisa berbuat seperti itu? Karena MEREKA TIDAK MENCINTAI NEGARANYA. Generasi penerus bangsa yang menjual aset negara kepada pihak asing membuat nama baik Negara buruk dimata negara lain. Itulah alasannya,kita sebagai generasi Indonesia harus mencintai negara dan bangsa kita. Dari sekarang,tanamkan kecintaan kepada Indonesia agar Indonesia kita tetap utuh .

3. Kecintaan terhadap Negara sangat berpengaruh pada Kemajuan Negara

Nah , Apa sih hubungannya cinta negara dengan kemajuan negara? kita tahu di era globalisasi saat ini,semua serba canggih. Dikatakan bahwa Negara yang lambat akan kalah dengan Negara yang cepat. Apa sih maksudnya? Pada saat ini ,kemajuan negara dilihat dari teknologinya. Kita lihat diberbagai negara, teknologi yang canggih sangat mempengaruhi kemajuan negaranya. Contohnya Jepang yang kita tahu Jepang menjadi Negara yang berteknologi canggih. Apakah anda pernah dengar ada sebuah hotel diJepang yang mempekerjakan robot-tobot sebagai pegawai hotel? Kenapa seperti itu? Itulah karena kecanggihan dari teknologi saat ini. Siapa yang membuat ciptaan dan inovasi terbaru tersebut? Pastinya generasi-generasi Jepang yang menciptakannya. Kenapa mereka menciptakan temuan baru tersebut untuk negara mereka? Karena mereka cinta negara mereka yaitu Negara Jepang.Jikalau mereka membuat ciptaan baru,pastinya nama Negara nya hebat dan baik dimata negara lain. Negara yang menciptakan sebuah hal baru yang diciptakan oleh generasi nya,akan menjadi kebanggan tersendiri bagi negara dan bangsa tersebut. Negara tersebut pasti akan dipuji oleh negara lain. Kita pasti sangat bangga jika negara yang kita cintai ini dipuji oleh negara lain.Oleh sebab itu,kita sebagai generasi Indonesia juga harus seperti generasi-generasi negara lain yang berjuang untuk kemajuan negara  sendiri. Negara yang Maju karena adanya generasi-generasi penerus yang hebat dan berkualitas. Jikalau negara kita maju,anak-anak dan cucu-cucu kita yang akan menuai semuanya. Mereka akan dilahirkan pada negara yang maju dan luar biasa. 

Saya sudah cinta negara ku. Jadi,gimana caranya memajukan negara ini?

 Cinta saja tidak cukup, anda juga harus berjuang dan melakukan yang terbaik. Sama halnya pejuang kemerdekaan Indonesia,mereka bukan hanya sekedar cinta negara ini tetapi mereka juga berjuang tanpa pamrih untuk negara Indonesia ini. Sama halnya, jikalau anda mencintai seseorang pasti perlu pembuktian bahwa anda mencintainya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x