Mohon tunggu...
EUNICE MADELINE LIEMENA
EUNICE MADELINE LIEMENA Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi/UNPAR

INTP

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Geladi Hominisasi

6 Oktober 2022   18:45 Diperbarui: 6 Oktober 2022   19:23 27 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Awal saya mengetahui acara ini, saya mulai mencari informasi kepada teman2 juga dosen. Kemudian saya mendaftar pada web yang sudah dishare oleh dosen saya. Awalnya saya ada berkendala dengan email, namun panitia geladi hominisasi secara responsif menjawab dan mengarahkan alur pendaftaran saya sampai pada hari H acara mulai.

Tugas pra geladi yang diberikan memberi saya gambaran mengenai tema acara. Kita dilatih dalam berpikir logis, berbahasa sebagai warganegara dengan topik permasalahan yang ada di Indonesia. Acara dimulai, ternyata geladi hominisasi berkaitan dengan SINDU UNPAR yang terjuan untuk memperlengkapi mahasiswa dalam perkuliahan juga dalam bermasyarakat. Yaitu ada 3 poin penting atau soft skill yang diajarkan :

PKN, menjadi masyarakat yang bertumpu pada pancasila.

Logika, yaitu kita mahasiswa di tuntut untuk berpikir logis.

Bahasa Indonesia, menggunakan bahasa sbg sarana komunikasi yg baik.

3 poin ini penting dlm kehidupan sehari2 spt diskusi klmpk yang juga disediakan dalam geladi hominisasi. Selanjutnya acara ini menyediakan berbagai games-games lucu berhadiah. Tugas kelompok dimulai, kita mahasiswa ditugaskan untuk memnyampaikan tema2 yang sudah ditentukan di depan semua orang dengan cara sekreatif mungkin namun juga sistematis. Melalui polling, kelompok terbaik pun terpilih.

Melalui tugas yang diberikan, masing2 dari kita dituntut untuk bisa interaksi, bekerja sama, dan menuangkan ide2 dengan waktu yang singkat. Ide ini kemudian dikemas dengan sistematis. Tidak mudah mengolah ide2 bersama anggota yang beragam dan baru dikenal. Harus ada kemampuan beradaptasi, keaktifan dalam mengemukakan pendapat dengan bahasa yang mudah dimengerti. 

Setelah mengikuti geladi Hominisasi, kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara diperlukan yautu karena logika sendiri merupakan urutan berpikir dalam penyelesaian masalah. Sebagai warga negara Indonesia kita perlu berpikir logis dalam mengolah informasi yang kita dapatkan, sehingga kita dapat juga menyampaikan informasi atau opini kita secara sistematis logis dan tepat sasaran.

Saya mendapat banyak manfaat setelah mengikuti geladi hominisasi ini seperti meningkatkan kerjasama team, berdiskusi dengan logika berpikir realistis sehingga orang dapat memahami ide-ide tersebut. Bekerja sama dalam team juga belajar mengapresiasi pendapat orang, tidak secara langsung memberi sanggahan namun mengolah pendapat2 tersebut sehingga mencapai keputusan bersama dalam waktu yang terbatas.

Kemampuan yang secara singkat dipelajari dalam geladi Hominisasi ini dapat tentunya diterapkan dalam perjalanan kuliah seperti berani menyampaikan ide dengan landasan yang kuat (sistematis) sehingga orang dapat menerimanya. Juga melatih diri merpikir logis dan praktis dalam mengambil keputusan penting untuk Menprioritaskan tujuan atau sasaran yang akan dan ingin dicapai serta menggunakan waktu dengan efektif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan