Mohon tunggu...
Erick Sudarmo
Erick Sudarmo Mohon Tunggu... Seniman - Silahkan kalau ingin tukar pikiran dan berdiskusi sebagai sesama manusia. Open discussion -- 0877 1156 4456

Saya adalah manusia biasa yang penuh kekurangan dan kekhilafan; serta selalu mau untuk belajar dan memperbaiki diri kearah yang lebih baik demi kehidupan berbangsa, bernegara dan sebagai salah satu warga dari dunia ini.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Ketika Keuangan Menjerat Kehidupan Manusia

30 Agustus 2020   13:53 Diperbarui: 30 Agustus 2020   14:10 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

      Keadaan masyarakat saat ini merupakan suatu kemajemukan yang absolut; tidak bisa dipungkiri dan tidak terbatahkan. Setiap manusia di dunia ini membutuhkan uang dalam bertahan hidup dan dalam memenuhi kebutuhan pokoknya; sandang, pangan, papan. Seandainya ada seorang manusia yang berkata bahwa "tidak butuh uang"; maka sudah dipastikan bahwa orang itu adalah seorang munafik TOTAL. 

     Saat ini, banyak sekali manusia yang mengalami krisis ekonomi yang disebabkan oleh adanya pandemi Covid-19; banyak perusahaan yang memutuskan hubungan kerja kepada para karyawan mereka yang notabene mayoritas bersandar kepada penghasilan mereka sebagai seorang karyawan. Dampak yang sangat besar adalah kepada sektor pendidikan dimana semua aktifitas belajar-mengajar dilakukan melalui online activities. Secara tidak langsung, banyak juga para pengajar pendidikan informal yang kehilangan pekerjaannya dimana sebagaian besar perusahaan mereka tidak memberikn tunjangan apapun juga walaupun mereka masih terikat kontrak perjanjian kerja diperusahana temmpat mereka mengajar. 

     Kalau kita renungkan, sebenarnya setiap manusia memiliki potensi yang tidak terbatas dimana tergantung kepada manusianya itu sendiri; apakah beranai untuk melangkah dan keluar dari safety zone, atau hanya tetap di zona nyaman mereka tanpa berani untuk meraih kemungkingan-kemungkinan dan kesempatan-kesempatan yang mungkin lebih baik daripada apa yang mereka miliki pada saat ini. Semua itu sebenarnya membutuhkan doa, keberanian, tekad, dan keteguhan diri. Saya akan memberikan contoh mudah, yaitu diri saya sendiri.

    Saya adalah seorang pianis klassik dan pengajar bahasa inggris profesional. Sejak adanya pandemi covid-19 ini, saya kehilangan pekerjaan tersebut dimana sangat membuat saya khawatir dan kalang-kabut. Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia memang menbutuhkan uang untuk bertahan dan menjalani hidup melewati waktu demi waktu. Tetapi kalau saya hanya bersandarkan kepada apa yang saya miliki dan yang saya anggap bahwa itu adalah HANYA cara kita mendapatkkan penghasilan, maka tidak akan lama lagi saya akan menjadi orang gila atau pun bisa bunuh diri. Tetapi saya sadar bahwa dunia pendidikan adalah zona aman dan zona nyaman saya; kalau saya terus-menerus berada di zona tersebut, maka saya akan terlena dan terbuai dengan semuanya dimana akan mematikan potensi yang ada dalam diri saya. Mulailah saya untuk mencari kemungkinan-kemungkinan dan potensi-potensi lain yang bisa menghasilkan uang secara benar dan halal. Akhirnya saya sadar bahwa saya sudah lebih dari 11 tahun sampai dengan saat ini bermain Android Strategy-War Games dimana saya sudah berpengalaman dalam permainan-permainan tersebut. Saya mulai mencari di situs-situs web tentang Account Trading. Akhirnya saya menemukan beberapa situ yang berisi kumpulan gamers yang sedang mencari akun dari beberapa game tertentu yang ingin mereka beli untuk dimainkan. Dari sinilah saya punya ide untuk memainkan game-game yang mereka sebutkan dan sampai level tertentu, saya jual akun saya ke mereka. Akhirnya saya mendapatkan penghasilan dari jual beli akun game. Dalam jual beli akun game tersebut, saya tidak melakukan cheating, saya bermain seperti biasa sampai level tertentu dan menjualnya; dan sampai sekarang saya menjadi aktif dalam dunia game online. Yang saya jual di akun game adalah Playing Game-Skills saya dimana berdasarkan kepada cara saya bermain dan strategi permainan; bukan item dan accessories game yang saya jual.

     Dari contoh pengalaman saya di atas, bisa kita simpulkan bahwa manusia diberikan kemampuan yang unik-unik oleh Tuhan Allah dimana kita sebagai manusia hanya membutuhkan kreatifitas dan intuisi yang baik; tidak melakukan tindak kejahatan dalam mencari penghasilan. Janganlah kita menjadi orang yang kecil hari akan apa yang sedang kita alami saat ini. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa keterpurukan dan kejatuhan seseorang merupakan pukulan telak bagi manusia manapun di dunia ini tanpa terkecuali; tetapi ingatlah bahwa masih panjang jalan yang harus kita tempuh di hadapan kita. Tetaplah untuk mencari ide kreatifitas dalam mecari penghasilan tambahan dimana harus tidak boleh melanggar hukum dan peraturan yang berlaku dalam berbangsa dan bernegara. 

     "Nikmatilah hidup dengan penuh syukur kepada Tuhan Allah dimana DIA selalu membangunkan kita dengan sempurna setiap pagi hari."

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun