Mohon tunggu...
Erick Sudarmo
Erick Sudarmo Mohon Tunggu... Silahkan kalau ingin tukar pikiran dan berdiskusi sebagai sesama manusia. Open discussion --> 0812 9889 1550

Saya adalah manusia biasa yang penuh kekurangan dan kekhilafan; serta selalu mau untuk belajar dan memperbaiki diri kearah yang lebih baik demi kehidupan berbangsa, bernegara dan sebagai salah satu warga dari dunia ini.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Artikel Utama

Pentingkah English Grammar Diterapkan dalam Percakapan?

19 September 2019   21:05 Diperbarui: 21 September 2019   15:04 0 7 3 Mohon Tunggu...
Pentingkah English Grammar Diterapkan dalam Percakapan?
Ilustrasi English Grammar (Sumber: pixabay.com/PDPics)

Bahasa Inggris adalah bahasa intenasional di mana sudah digunakan di berbagi pelosok belahan dunia ini, baik menjadi First Language ataupun menjadi Second Language/ ESL (English as Second Language). 

Hampir semua orang merasa bahwa dengan mempelajari dan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa "sisipan" adalah terkesah "wah" dan cool. Mereka menggunakan bahasa Inggri, di mana saja dan kapan saja semau mereka dan tidak peduli apakah betul atau tidak dalam penggunaannya. 

Sering saya dengar ketika saya di kendaraan umum dengan penumpang-penumpang yang lain mendengar ada orang-orang lokal yang menggunakan bahasa Inggris dengan (maaf) tata bahasa Inggris yang salah. 

Mereka tetap percaya diri dan terus menggunakan kalimat-kalimat yang salah dan sangat mengejutkan bahwa antara pemberi informasi dan penerima informasi saling mengerti satu sama lain. Contoh:

Bro 1 : Eh bro, tadi gua beli cilok VERY CHEAPER dari tempat langganan loe.

Bro 2 : Serius loe? menurut gw tempat langganan gw itu paling THE BEST di seantero jaga raya.

Dari percakapan di atas, bisa kita lihat bahwa tidak ada halangan yang terjadi dalam menyampaikan dan menerima informasi yang sedang berlangsung antara ke dua orang tersebut. 

Kalau dilihat dari tata bahasa Inggris, mereka menggunakan tata bahasa yang salah VERY CHEAPER seharusnya CHEAPER dan PALING THE BEST seharusnya The Best tanpa menggunakan kata "paling", karena artinya terkesan berlebihan atau dikenal dengan nama redundancy.

English grammar pada dasarnya adalah penting untuk dimengerti, dikuasai dan digunakan dalam bentuk lisan dan tulisan,  tetapi tidaklah mutlak dalam bentuk lisan. 

Kalau dalam bentuk tulisan, susunan kata dan tata bahasa sangatlah penting karena pembaca akan berpatokan kepada apa yang mereka baca dalam memperoleh informasi yang valid. 

Esensi dalam memperoleh informasi yang valid adalah penting juga dalam bentuk lisan, tetapi ingatlah bahwa dalam bahasa Inggris, kata kerja (verb) memiliki 3 bentuk berdasarkan dari jenis penggunaan grammar yang akan digunakan, di mana memiliki arti yang sama. Contoh: Go - Went - Gone, di mana memiliki arti yang sama, yaitu "pergi".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x