Mohon tunggu...
Ester Lianawati
Ester Lianawati Mohon Tunggu... Psikolog

#karena ada serigala betina dalam diri setiap perempuan#

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Mengapa Rendah Diri dan Apa yang Harus Dilakukan?

15 Mei 2020   13:49 Diperbarui: 19 Mei 2020   03:06 598 19 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengapa Rendah Diri dan Apa yang Harus Dilakukan?
Brunel Johnson @unsplash.com

Kadang persoalan rendah diri lebih berat dari yang kita duga. Perempuan yang rendah diri dapat terjebak dalam hubungan beracun dan penuh kekerasan: dengan pelaku KDRT, dengan suami/kekasih yang berselingkuh secara permanen, dengan pria yang sudah beristri, dan hubungan-hubungan lain yang menguras emosi dan menghambat pertumbuhan diri. 

Sementara itu, pria-pria rendah diri juga cenderung gagal menarik hati perempuan. Karena rendah diri dapat mempengaruhi seseorang dalam bersikap dan berperilaku. 

Pria rendah diri akan tampil kurang meyakinkan, lantas bagaimana ia mau meyakinkan perempuan yang sedang ia dambakan?

Harga diri yang rendah juga ditenggarai sebagai salah satu faktor penyebab pada pelaku-pelaku kekerasan terhadap istri dan anak, dan juga para pedofil ataupun mereka yang mempraktikkan penyimpangan seksual lainnya. 

Tindak kekerasan merupakan upaya pertahanan mereka untuk mengatasi kegelisahan dalam diri akibat rendahnya harga diri mereka. 

Pada perempuan dan laki-laki, persoalan dalam pekerjaan seperti kemandekan dalam karir, kecenderungan dimanfaatkan oleh kolega atau atasan, salah satunya juga disebabkan oleh kurangnya penghargaan terhadap diri sendiri. 

Dalam tulisan Bunuh Ayahmu Sebelum Kau Mencium Kekasihmu, saya membahas mengenai pria rendah diri dari sudut pandang psikoanalisis. Psikoanalisis melihat persoalan harga diri ini ke dalam diri manusia, menembus alam tidak sadar, kembali ke masa lalunya.

Seperti dijelaskan dalam tulisan tersebut, kompleks Oedipus yang tidak tertangani dengan baik, secara khusus yang terkait dengan relasi anak laki-laki dengan ayahnya, dapat menjadi faktor kuat mengapa seorang pria mengalami rendah diri. 

Tulisan ini akan membahas rendah diri dari pendekatan lain : pendekatan psikologi kognitif dan psikologi perilaku (behavioral). Penjelasan di sini berlaku umum, tidak hanya untuk laki-laki. 

Tulisan ini sudah pernah dimuat di majalah Intisari Edisi Mind, Body, and Soul pada tahun 2008, dengan judul Mari Belajar Hargai Diri Sendiri. Beberapa bagian sudah saya modifikasi. Kiranya dapat bermanfaat. 

Apa itu Harga Diri?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x