Mohon tunggu...
Ester Aprillia
Ester Aprillia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAJY'20

Hello World!! Be happiness, be kind, and enjoy this life

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Siapa Kata Sudah Berumur tapi Dulunya Ngga Gaul? Yuk Simak Macam-macam Bahasa Prokem/Gaul Era-80an

3 November 2021   10:44 Diperbarui: 3 November 2021   11:01 242 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Ketika memikirkan tentang bahasa gaul, apa yang terlintas dalam pikiran ? Jawabannya sudah pasti akan terhubung antara bahasa gaul dengan generasi masa kini atau generasi millenial. 

Alasannya, karena pada zaman sekarang bahasa gaul bisa dikatakan sebagai bagian gaya hidup (life style) dalam dunia pergaulan anak muda ketika sedang berkumpul. 

Namun, apakah zaman dahulu pernah menggunakan bahasa gaul ? Jawabannya adalah IYA, bahasa gaul/slang telah ada dari generasi X bahkan generasi baby boomers.. generasi mama dan papa bahkan generasi kakek nenek kita sudah menggunakan istilah-istilah gaul yang tren pada zamannya.

Bahasa adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan manusia. Melalui bahasa setiap orang dapat saling berkomunikasi antara satu dengan yang lain. Salah satu wujud dari bahasa yaitu penggunaan bahasa gaul dalam kehidupan sehari-hari. 

Menurut Mulyana (dalam Azizah 2019:35) mengatakan bahwa bahasa gaul yaitu sekumpulan kata atau istilah yang memiliki arti unik, khusus, menyimpang bahkan bertentangan dengan arti yang biasa digunakan oleh masyarakat dari kelompok budaya tertentu. 

Era 80-an merupakan salah satu titik kemunculuan dari berbagai bahasa gaul yang pada akhirnya diturunkan dan diwariskan hingga sekarang. Pada tahun 1980 bahasa gaul lebih dikenal dengan sebutan bahasa prokem, dan dapat dikatakan sebagai sebuah kode atau tanda karena pada awalnya bahasa prokem dalam setiap kelompok berbeda-beda dan maknanya hanya diketahui oleh anggota dari kelompok itu saja.

Berbagai istilah-istilah bahasa prokem era 80-an hingga saat ini masih sering ditemukan dalam setiap percakapan atau obrolan-obrolan dan bahkan generasi millennial pun saat ini kadang-kadang tanpa sadar mereka menggunakan istilah-istilah tersebut. 

Hal tersebut dikarenakan seiring pesatnya perkembangan teknologi khususnya dalam mengakses situs internet dan media sosial membuat perkembangan dalam hal bahasa pun juga semakin menyebar dan membuat siapa saja tahu mengenai bahasa-bahasa yang digunakan dari zaman dulu. 

Lalu apa sajakah macam-macam bahasa prokem atau bahasa gaul yang terkenal dari tahun 1980 dan bahkan digunakan hingga saat ini ? Berikut berbagai istilah gaul yang dipakai oleh remaja era 80-an:

1. Bokin

Sumber ilustrasi: IDNTIMES
Sumber ilustrasi: IDNTIMES
Istilah pertama yang terkenal adalah bokin. Remaja era 80-an pasti tidak asing dengan kata ini. Kata ini sering dipakai oleh remaja-remaja zaman dulu ketika berbicara tentang kisah romantisme mereka. Ya, benar sekali bokin merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut "istri" atau "pacar." Contoh percakapan yang biasanya menggunakan istilah ini seperti "gua tadi malem seneng banget, gara-gara bokin gua ngasih bunga sama coklat sebagai hadiah anniversary kita."

2. EGP

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan