Esports IDN
Esports IDN

Memberikan informasi seputar dunia eSport Nasional dan Internasional.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Begini Aturan Main Jadi Tanker Mobile Legends yang Perlu Kamu Ketahui!

20 Mei 2018   15:00 Diperbarui: 20 Mei 2018   15:21 651 0 0

Pentingnya peran seorang tanker dalam Mobile Legends tak terbantahkan lagi, bahkan dewasa ini makin populer strategi dua tanker lebih baik. Menegaskan bahwa sosok tersebut adalah bagian penting untuk memuluskan kemenangan kalian mengumpulkan bintang-bintang berharga Mobile Legends. Tanker yang baik harus mengetahui cara untuk melindungi kawan, membuka serangan dan tak kalah penting, mengunci pergerakan lawan yang penting.

Terlepas dari itu, agar peran kalian maksimal, tentu harus didukung pula dengan "gear" yang sesuai. Mulai dari Hero, emblem, battle spell dan pemilihan item.
Pertama-tama, pastikan kalian memilih hero yang diperuntukan menjadi tank. Namun ada beberapa hero yang mampu dikondisikan sebagai tanker meski bukanlah hero tank seperti Balmond aatau Jawhead.

Untuk emblem, kalian bisa full tanky dengan menggunakan emblem Tank atau Magic. Keduanya memiliki kelebihan berbeda dimana emblem Tank menawarkan efek armor untuk ketahanan diri yang lebih baik sedangkan Magic memberikan mana dan magic power untuk penggunaan spell yang lebih intens.
Untuk build item, kalau merasa kebingungan kalian selalu bisa mengikuti rekomendasi Magic dan Defense. Untuk item-item wajib, tiap hero tank tentu memiliki kegemaran sendiri dan kalian harus menemukan yang paling cocok dengan cara berlatih dan memperhatikan pemain-pemain top menggunakan hero yang kalian sukai.

Menyoal Battle spell/ability, ada beberapa pilihan yang sebenarnya cocok-cocok saja digunakan oleh tanker. Seperti Aegis, Iron Wall, Flicker, Stun bahkan Healing Spell. Namun tergantung kebutuhan dan penilaian dari hero lawan. Ability apa yang lebih kamu butuhkan? Tambahan stun kah? Atau inisiasi tiba-tiba menggunakan Flicker?

Cara Mendapatkan Exp dan Gold Sebagai Tank
Perlu kalian tahu, tank harus mememberikan gold dan exp sebagian besar kepada carry, marksman atau mage yang berperan penting. Namun tank harus memberikan bantuan dengan cara berotasi, memberikan tekanan dan bila memungkinkan, bukukan kill untuk tim. 

Upayakan untuk memberi pukulan terakhir kepada yang lebih membutuhkan seperti fighter atau assassin namun apabila mendesak, jangan ragu untuk mendapatkan kill. Namun jangan terlalu bernafsu untuk menjadi killer meski kalian mampu torehkan KDA yang lumayan.

Semakin aktif kalian bergerak dan membantu tahap laning, maka pendapatan exp dan gold akan lebih cepat tanpa perlu banyak farming. Ingat manfaatkan juga rerumputan yang ada diseluruh map untuk bergerak menghindari deteksi lawan. Upayakan gunakan skill dengan efektif dan tidak asal keluar.

Memahami Posisi Ketika Terjadi War
Sebagai seorang tank, kalian harus memahami bahwa segala serangan lawan harus tertuju pada kalian. Bila lawan mampu menyerang barisan belakang yang berisi support, marksman atau mage, maka fungsi kalian sebagai tank tak maksimal. Ada dua cara untuk memastikan kalian mampu melindungi kawan dengan baik.

Pertama menunjukan diri di depan agar musuh sekaligus menghalau musuh masuk ke belakang, atau, dalam posisi menyergap, berputar dari formasi bertahan musuh dan kalian masuk mengincar target terpenting di kubu lawan. 

Dengan begitu musuh akan mundur dan melindungi rekan dibelakangnya sementara teman kalian bisa memanfaatkan itu dengan melancarkan serangan kepada hero lawan yang teralih konsentrasinya.

Tentu ada cara yang lebih beresiko seperti membiarkan marksman atau mage kalian jadi sasaran, perhatikan timing dan jarak agar kalian bisa melancarkan multiple disable ke lawan yang sudah terlanjur memberondong maju teman berharga kalian. 

Cara seperti ini membutuhkan kordinasi dan kerjasama, tapi bila bermain solo, jangan kuatir kalian bisa berlatih dengan "sengaja" membiarkan teman kalian diposisi terjepit lalu memanfaatkan situasi tersebut untuk beraksi. Jangan kuatir gagal, ini adalah cara melatih intuisi dan inisiatif kalian.

Bergerak, Rotasi dan Kenali Mini Map
Tugas tanker adalah membuka serangan sejak menit-menit awal, secara terus menerus melakukan hal yang sama hingga lawan kesulitan menemukan pijakan untuk bertahan di lane. Bila lawan meninggalkan lane, maka kalian punya kesempatan menghancurkan tower. Bila kalian menguasai pergerakan di jungle, musuh akan terpaksa untuk bergerak bersamaan dan kalian bisa mendapatkan tower dan area farming yang lebih besar.

Pahami cara melihat keadaan melalui mini map dan pergerakan layar kalian. Minimap tidak hanya berfungsi untuk tujuan respon cepat tanggap tapi juga menyerang. Menargetkan hero sasaran terpenting dan mengunci pergerakannya selama teman kalian ikut menyerang.

Kematian adalah hal yang lekat dengan tanker, namun kalian memiliki keunggulan untuk bertahan selama beberapa detik lebih lama dibanding non-tanker, manfaatkan itu untuk memberi celah bagi rekan kalian untuk bersinar. Tapi tentu bila bisa menghindari mati, kalian tak perlu mati. Mindset tanker berani mati akan membuat kalian tidak pikir panjang ketika menginisiasi lawan.