Esports IDN
Esports IDN

Memberikan informasi seputar dunia eSport Nasional dan Internasional.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Ini Jadinya Ketika Gelaran Musik dan eSports Digabung

15 April 2018   22:48 Diperbarui: 15 April 2018   23:03 1305 0 0

Dikarenakan perhelatan eSports kini sudah semegah layaknya pagelaran konser musik, maka biasanya kedua unsur hiburan panggung tersebut akan berlangsung secara terpisah. Apa jadinya bila suatu event mampu sinergikan keduanya dalam satu wahana?

Hal ini pula yang terbersit dalam benak Riot Games, dan juga MTV, saat memprakarsai event bertajuk HYPERPLAY. Festival musik sekaligus eSports khusus negara-negara ASEAN, yang juga memperoleh dukungan dari Singapore Ministry of Culture, Community, and Youth (MCCY), beserta National Youth Council (NYC), dan bertempat di Singapore Indoor Stadium.

Event yang rencananya akan berlangsung dua hari, sepanjang akhir pekan, bulan Agustus mendatang, bakal disiarkan secara langsung ke berbagai negara di Asia Tenggara. Edisi perdana dari HyperPlay bakal tayangkan turnamen League of Legends antara ke-10 timnas negara-negara ASEAN.

Konsep turnamen LoL perdana yang mempertandingkan wakil-wakil terbaik negara ASEAN ini, tersaji bersandingan dengan acara MTV Spotlight, yang juga menampilkan suguhan musik dari empat artis lokal maupun mancanegara.

Johnson Yeh, selaku Managing Director of Riot Games for Greater China & Southeast Asia, ungkapkan bahwa Riot telah jalin kolaborasi dengan banyak artis penyanyi besar selama beberapa tahun terakhir. Meski banyak gamer yang juga suka musik, tapi faktanya tidak sedikit pula pemusik itu gemar bermain game.


"Dengan adanya HyperPlay, kami berharap dapat hadirkan event besar yang bisa dinikmati oleh para gamer, dan menjangkau kalangan penonton lebih luas untuk melihatnya sebagai sesuatu hal positif dari sisi gamer itu sendiri," tutur Johnson Yeh menambahkan.

Hal senada pun diutarakan oleh Paras Sharma, Senior Vice President of Southeast Asia, Viacom International Media Networks, yang sampaikan bahwa kesempatan untuk bekerjasama dengan Riot Games adalah momentum tepat manakala eSports berkembang begitu pesat tidak hanya di Singapura, tapi juga di negara-negara Asia Tenggara.

"Ada keterkaitan alami yang terbina antara eSports dengan media musik, terlebih berkat keandalan MTV dalam memadukan musik dan budaya populer, maka kita memperbesar peluang munculnya sebuah nuansa hiburan baru di kawasan Asia Tenggara," tandas Paras Sharma menimpali.

Jadi, melalui HyperPlay, MTV ingin menarik kesamaan minat dari para pecinta eSports via media musik yang tersaji di atas panggung oleh deretan artis, sekaligus mendistribusikan konten eSports ke ranah penonton lebih luas.

Penggabungan Dua Unsur