Mohon tunggu...
Esha PutraSetia
Esha PutraSetia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

KKN Tematik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Pendampingan Orangtua pada Saat Pembelajaran Jarak Jauh

28 Juli 2021   01:52 Diperbarui: 28 Juli 2021   01:57 26 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Pendampingan Orangtua pada Saat Pembelajaran Jarak Jauh
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan sangatlah penting untuk kemajuan zaman, karena Pendidikan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban. Oleh karena itu Pendidikan di masa pandemi ini harus tetap berlajut dengan cara PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Mungkin ini mejadi tantangan tersendiri bagi siswa dan guru pengajar, karena walaupun PJJ sudah ada sejak dulu akan tetapi implementasi nya kurang terasa sebelum ada COVID -- 19.

Hampir semua sekolah melaksanakan PJJ demi mencegah dan mengontrol penyebaran COVID -- 19, salah satu nya ialah SDN 063 Kebon Gedang. Proses pembelajaran jarak jauh dilakukan oleh guru dan sekolah secara maksimal dan berkembang, mulai dari aplikasi zoom dan google meet untuk tatap muka secara online, google form untuk mengisi absensi dan berkomunikasi lebih memalui WhatsApp.

Berkaitan dengan kasus Covid-19, Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertemakan KKN Tematik Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi secara online. Kegiatan yang bertujuan untuk menanggulangi dampak Covid-19 dengan cara pendampingan dalam bidang Pendidikan dan Ekonomi yang saat ini sangat terpengaruh karena meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia.

Pada Pembelajaran Jarak Jauh, orang tua mempunyai peran penting dalam mengontrol dan mengembangkan anak potensi yang dimiliki anak, oleh karena itu orang tua harus memperhatikan beberapa hal untuk anak secara lebih dalam proses PJJ :

  • Manajemen waktu yang baik antara anak dan orang tua. Orang tua pada masa pembelajaran jarak jauh harus memanajemen bekerja dan mendamping anak Ketika belajar, ini perlu dilakukan agar anak merasa ada yang peduli pada saat pembelajaran jarak jauh.
  • Siapkan tempat belajar yang nyaman, tempat belajar yang dimaksud ialah tempat yang paling kondusif di dalam rumah untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh, karena tempat yang kondusif secara tidak langsung mampu meningkatkan konsentrasi anak.
  • Bentuk jadwal belajar untuk anak secara rutin, jadwal belajar tambahan di rumah sanagt diperlukan untuk membantu anak pada saat mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR). Ini sangat memotivasi anak karena ia akan merasa sangat diperhartikan oleh orang tua.
  • Kontrol waktu tidur dan bermain game anak, mungkin di masa pandemi ini waktu tidur dan bermain game anak menjadi susah terkontrol, selain itu menjadwalkan waktu tidur perlu dilakukan agar probabilitas anak bangun pagi semakin besar, selain itu pembatasan bermain game juga harus diperhatikan agar konsentrasi anak tidak terbagi oleh bermain game, yang secara tak langsung mengajarkan anak untuk disiplin.
  • Orang tua harus menjalin hubungan baik dengan anak, kedekatan orang tua sangat berpengaruh pada motivasi belajar anak, selain itu anak juga akan merasa percaya dari karena selalu memiliki dukungan dari orang tua.

Pembelajaran jarak jauh tak menjadi persoalan dalam mecetak Sumber Daya Manusia yang unggul. Meningkatkan kepercayaan diri serta saling memperhatikan antara orang tua dan anak harus ditingkatkan, demi tercapai nya tujuan Pendidikan. Mencari cara yang inovatif pada pembelajaran jarak jauh oleh orang tua harus dilakukan agar anak tidak bosan pada saat pembelajaran jarak jauh. Mungkin ini menjadi tanggung jawab yang lebih bagi orang tua, akan tetapi orang tua akan merasakan hasil nya di hari esok.

Esha Putra Setia

Supriyono

ย 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN