Mohon tunggu...
Esantri
Esantri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Bola volly

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Minat Siswa SMA/SMK untuk Melanjutkan Pendidikan Keperguruan Tinggi Sesuai dengan Minat dan Bakatnya

9 Agustus 2022   11:54 Diperbarui: 9 Agustus 2022   12:15 77 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan adalah Untuk Memberikan Pengajaran, Pembentukan Karakter, Perbaikan Moral Dan Melatih Intelektual. Suatu usaha untuk membina kepribadian, dan mengembangkan karakteristik seorang anak hingga menjadi pribadi yang baik untuk masa yang akan datang. Pendidikan suatu proses untuk membentuk sikap atau prilaku seorang anak baik dalam bentuk jasmani maupun rohani. 

Pendidikan telah diatur dalam uu nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, yang dimaksud dengan pendidikan adalah sadar dan terencana untuk mewujudkan susasan belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik Secara Aktif Mengembangkan Potensi Dirinya Untuk Memiliki Kekuatan Spiritual Keagamaan, Pengendalian Diri, Kepribadian, Kesadaran, Akhlak Mulia, Serta Keterampilan Yang Diperlukan Dirinya, Masyarakat, Bangsa Dan Negara. 

Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi. Peserta didiknya disebut mahasiswa, sedangkan tenaga pendidiknya disebut dosen. tujuan perguruan tinggi ialah untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor, dan program profesi, serta program spesialis, berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia.

Universitas Pendidikan Indonesia atau dikenal dengan UPI Mmerupakan Perguruan Tinggi yang menganut sistem multikampus yaitu dengan memiliki 6 kampus yang tersebar di dua Provinsi yaitu Jawa Barat dan Banten. UPI menyelenggarakan KKN (kuliah Kerja Nyata) yang di ikuti oleh seluruh mahasiswa yang telah mengontrak mata kuliah KKN ini. KKN UPI kali ini dilakukan secara online dikarnakan masih tingginya angka Covid-19 yang ada di Indonesia. KKN kali ini dilakukan oleh mahasiswa secara individu yang dilakukan didomisili masing-masing dan memiliki beragam tema. 

KKN ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap hal sekitar dimana KKN itu berlangsung dan KKN juga dibagi berdasarkan tema. Seperti salah satunya tema pendidikan. Melalui bimbingan Dosen Pendamping Lapangan (Dpl) Dra. Hj. Rd Deti Rostika, M.Pd. dan mahasiswa yang dibimbing yaitu Esantri yang telah melaksanakan KKN di kelurahan Temberan, kota Pangkalpinang, kepuluan Bangka Belitung. 

KKN yang dilaksanakan bertema pendidikan dan bersubtema pendampingan siswa SMA/SMK yang akan melanjutkan kepergurunan tinggi. KKN ini tepatya dilaksanakan di SMK N 4 Pangkalpinang, Kepuluan Bangka Belitung. 

Untuk meningkatkan minat siswa dalam melanjutkan keperguruan tinggi dengan cara memberikan dukunagn sosial, memberikan sosilisasi mengenai perguruuan tinggi, menyampaikan manfaat melanjutkan keperguraun tinggi, menyampaikan ke siswa bahwa jalur masuk keperguruan tinggi itu beragam dan juga menginformasikan bahwa bantuan berupa beasiswa itu banyak dan beragam. 

Melanjutkan pendidikan perguruan tinggi akan menambah wawasan dan pengetahuan serta pengalaman bagi remaja yang nantinya akan berguna untuk masa depan remaja itu sendiri karena zaman sudah semakin maju dan modern, banyak orang yang berlomba-lomba menempuh pendidikan agar dapat memperbaiki kualitas hidupnya. 

Dengan adanya KKN di SMK N 4 Pangkalpinang ini bisa menambahkan motivasi siswa untuk melanjutkan keperguruan tinggi, dan juga bisa memberikan arahan untuk siswa sesuai dengan minat dan bakat yang mereka punya, agar nanti ketika melanjutkan keperguruan tinggi mereka bisa memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakatnya mereka. Sosialisasi yang berupa pendampingan yang dilakukan diseluruh kelas XII SMK N 4 Pangkalpinang diharpkan dapat membantu siswa/i dalam meningkatkan motivasi masuk keperguruan tinggi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan