Mohon tunggu...
Ameilina Esafitri
Ameilina Esafitri Mohon Tunggu... UinMaliki

Listening, reading n writing

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pendidikan Anak Usia Dini itu Penting

14 November 2019   03:00 Diperbarui: 14 November 2019   03:02 0 0 0 Mohon Tunggu...

Mungkin tidak semua orang tua tau kapan masa tumbuh kembang anak yang sangat pesat. Masa perkembangan anak yang sangat pesat dimulai sejak usia 0-6 tahun. 

Masa ini biasanya disebut dengan masa emas (golden age). Dimana anak usia dini mendapat pelajaran atau pengalaman dari apa yang dia lihat dan dengar pada aktivitas sehari-hari, dia mampu menangkap informasi-informasi yang diperoleh dengan cepat dan akan teringat di otak sehingga terkadang diterapkan di kehidupannya, seperti meniru orang tuanya, guru di sekolah dan kegiatan lainnya yang diikuti. Maka dari itu anak harus mendapat contoh yang baik dari lingkungannya agar kaarakter anak terbentuk dengan baik.  

Karakter anak terbentuk sejak dini bergantung pada pendidikan orangtua yang diberikan kepada anak, karena membawa dampak bagi tumbuh kembang nya di masa depan. Pendidikan formal seperti TK, PAUD  juga membantu memberikan pengaruh pada perkembangan otak serta memberikan pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari seperti kedisiplinan.

Maka dengan demikian penting adanya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai pendidikan dasar sebelum masuk TK, untuk melatih mental anak dan membentuk karakter anak dimasa itu. Selain itu tujuan orang tua mengikutsertakan anak ke sekolah PAUD yaitu :

Membentuk pondasi bagi anak agar mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan luar rumah Karena tidak semua anak mampu dengan cepat dan berani membangun relasi dengan orang lain atau teman sebaya nya.

Menggali potensi anak yang tersembunyi dengan pemberian rangsangan edukasi.

Mengasah potensi anak yang sudah muncul dan mengembangkannya, agar bakat anak tidak menjadi terpendam.

Dengan adanya edukasi pada PAUD dapat mengetahui gangguan apa yang dialami anak jika tumbuh kembang anak terhambat dan potensi tidak berkambang.

Referensi:

https://www.finansialku.com/paud/amp/

VIDEO PILIHAN