Mohon tunggu...
Esa Ayu Wulandari
Esa Ayu Wulandari Mohon Tunggu... hi

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

4 Kunci Menjadi Mahasiswa Keren Sewaktu Kuliah Online

9 Maret 2021   14:21 Diperbarui: 9 Maret 2021   14:53 94 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Kunci Menjadi Mahasiswa Keren Sewaktu Kuliah Online
Gambaran seorang mahasiswa yang sedang berkuliah secara online (Sumber : Pinterest)

Saat ini Indonesia masih dalam masa pandemi Covid-19. Tidak terasa sudah setahun berlalu semenjak laporan kasus pertama pada tanggal 2 Maret 2020 lalu. Sampai saat ini belum semua keadaan bisa dibilang pulih. Dalam dunia pendidikan sendiri kita masih harus menjalankan pembelajaran secara online karena untuk bisa menjalankan kuliah offline butuh ketersediaan yang lebih. Dengan pelaksanaan pembelajaran secara online, dosen dan mahasiswa tentu harus saling menyesuaikan agar kuliah daring dapat berjalan dengan lancar.

Bagi kami yang berkuliah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kuliah online bukan hal baru. Sejak 2016 sudah ada program pembelajaran daring di UMY, yang bernama MyKlass. Program aplikasi ini sangat lengkap fiturnya dan mudah digunakan. Ada juga video pembelajaran dari dosen yang terintegrasi dengan MyKlass. Menariknya, ini satu-satunya di Indonesia. Keberadaan teknologi harus kita barengi dengan etika.

Sejak kecil, kita sudah hidup berdampingan dengan etika dan moral. Etika merupakan suatu hal yang tidak dapat ditinggalkan. Perkuliahan online tentu tetap membutuhkan adanya etika dan moral. Kita mahasiswa sebagai agent of change tentu harus mengedepankan etika dan moral. Sangat disayangkan apabila saat ini mahasiswa melupakan adanya etika dan moral. Berikut adalah 4 hal yang wajib dilakukan agar kamu bisa menjadi mahasiswa yang keren dan taat etika:

1. Tepat waktu saat memasuki kelas

Kalau dulu sebelum pandemi biasanya mahasiswa yang telat tidak diperbolehkan untuk masuk kelas. Hal tersebut masih berlaku saat menjalani kuliah online. Mahasiswa sebisa mungkin harus hadir dan memasuki room pembelajaran tepat waktu. Kuliah online bukan berarti menjadikan kita acuh tak acuh saat melaksanakan perkuliahan. Ada baiknya kita mempersiapkan mengikuti kuliah online seperti saat kita melaksanakan kuliah offline sehingga kita tidak terlambat saat mengikuti kelas. Memasuki room pembelajaran dengan tepat waktu juga bisa menunjukan rasa hormat kita kepada dosen.

2. Menyalakan Webcam

Karena tidak bisa bertatap muka secara langsung, teknologi saat ini sudah mempermudah kita untuk bisa saling bertatap muka walaupun secara online. Maka dari itu, saat kuliah online berlangsung sebisa mungkin mahasiswa menyalakan webcam agar dosen dan mahasiswa lainnya bisa melihat keadaan kita saat mengikuti kelas perkuliahan. Hal ini terlihat sepele tetapi ketika kita menyalakan webcam, dosen pasti akan merasa senang karena bisa melihat anak didiknya saat memberikan materi.

Usahakan izin ketika kita tidak bisa menyalakan webcam. Dosen akan memahami ketika kita mengalami gangguan sinyal atau masalah teknis lainnya. Sebenarnya kekurangan dari sistem pembelajaran online adalah ketika tidak mendapatkan sinyal yang bagus. Sinyal merupakan bagian dari kunci utama pelaksanaan perkuliahan online bisa berjalan lancar. Ketika sinyal jelek, maka perkuliahan bisa terganggu baik dari dosen maupun mahasiswanya.

3. Berpakaian Sopan

Pakaian juga perlu diperhatikan ketika kita mengikuti perkuliahan online. Jangan sampai karena perkuliahan dilaksanakan dirumah dan secara online, saat mengikuti perkuliahan kita memakai daster atau hanya memakai kaos dalam. Walaupun melaksanakan kuliah online, kita juga harus tetap berpenampilan rapi. Ketika mengikuti kelas online posisi kita juga sebaiknya duduk, tidak dengan tidur -- tiduran seenaknya. Tunjukan kepada dosen kita kalau kita siap dan memiliki niat untuk mengikuti perkuliahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x