Mohon tunggu...
Esa
Esa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Geladi Hominisasi 9

8 Desember 2022   22:03 Diperbarui: 8 Desember 2022   22:05 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama: Esa

NPM: 6142201024

Saya mendaftar geladi hominisasi 9 yang dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2022. Tugas pertama atau tugas pra-geladi yang diberikan adalah menyimak lagu kebangsaan "Indonesia Raya 3 Stanza", dan memilih syair yang menarik, selain itu juga diberikan film documenter sebanyak 10 jenis yang dapat dipilih salah satunya untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Untuk syair, saya memilih bagian "Suburlah tanahnya, suburlah jiwanya Bangsanya, rakyatnya, semuanya Sadarlah hatinya, sadarlah budinya Untuk Indonesia Raya". Selanjutnya untuk film documenter saya menonton dokumenter "How Centuries of Chinese Migration Changed Indonesian Food Forever: Akarasa". 

Setelah mengerjakan tugas pra-geladi, saya mendapatkan email berisi link zoom geladi hominisasi 9. Saat pelaksanaan geladi, saya diberikan materi tentang bagaimana geladi hominisasi terbentuk atau video pengantar geladi. Selanjutnya, diberikan waktu untuk berdinamika bersama dengan kelompok yang telah diberikan bersama dengan link zoom. Dalam breakoutroom tersebut, saya sekelompok membahas tentang Hari Pohon Sedunia yang akan dipresentasikan. Setelahnya, kelompok kami dimasukan ke breakout room yang berisi 3 kelompok dan mempresentasikannya. 

Dalam 3 kelompok tersebut dipilih yang terbaik untuk mempresentasikan di main room, dan fasilitator yang mendampingi kami juga sangat membantu dalam memberi masukan serta pembelajaran yang berguna. Kemudian hasil dari masukan yang diberikan, kami sekelompok diberi kesempatan atau terpilih untuk mempresentasikan presentasi kami di main room walaupun tidak menjadi yang terbaik dari semuanya, saya merasa ini merupakan kesempatan dan pengalaman yang berguna bagi kami.

Geladi hominisasi ini memberikan saya banyak pembelajaran dan pengalaman untuk saya dikarenakan dalam geladi ini kami diberikan waktu untuk berdinamika dengan orang-orang baru yang sama sekali kita tidak kenal dan mempresentasinya dengan waktu singkat yang dapat membantu saya untuk belajar menggunakan waktu dengan efekftif, dalam proses berdinamika ini saya belajar untuk lebih menghormati pendapat orang lain. Fasilitator yang mendampingi juga membantu kami dengan memberi masukan bagaimana presentasi dengan bagus. Selain itu, saya juga merasa bahwa kegiatan ini membantu pengembangan diri saya dalam berkarakter dan melatih kemampuan berbicara didepan banyak orang walaupun sangat disayangkan geladi ini dilaksanakan secara online.

Menurut saya, kemampuan menggunakan Logika dan Bahasa sebagai warga negara merupakan hal yang penting untuk dikembangkan karena dalam menggunakan logika dan Bahasa yang baik kita sebagai warga negara dapat berkomunikasi dan menyampaikan pendapat tanpa harus terjadi kesalahpahaman. Selain itu, kemampuan ini juga berguna Ketika kita melakukan sebuat orasi ata harus berinteraksi dengan banyak orang di publik. Kemampuan logika dan bahasa juga dapat menunjukan nilai kita sebagai warga negara.

Manfaat yang saya dapatkan setelah geladi ini sangatlah banyak, mulai dari berinteraksi dengan orang baru, berkerjasama dalam kelompok, berdinamika, belajar mempresentasikan sesuatu, bicara depan banyak orang, menggunakan waktu dengan efektif, mempelajari teknik presentasi, menjadi lebih disiplin dan menghargai pendapat orang lain.

Saya belajar bahwa dalam mempresentasikan sesuatu kita tidak boleh terlalu berpusat kepada teks yang ada, cukup dibaca pon-poin yang penting dan dimengerti apa yang dipresentasi kan agar lebih natural dan juga dalam mempresentasi kan sesuatu kita juga harus ekspresif. Ekspresif yang dimaksud adalah dengan intonasi saat berbicara, raut wajah yang akan mempengaruhi suasana yang tepat dalam presentasi yang dibawakan. Saya akan berusaha mengembangkan hal-hal yang telah saya pelajari dalam geladi ini. Meningkatkan kemampuan dalam menggunakan logika dan Bahasa dengan baik agar dapat lebih melatih diri dan kepercayaan diri untuk tampil lebih baik didepan publik. Dengan lebih banyak berbicara depan public, kemampuan saya untuk menyampaikan hal dengan berlogika dan berbahasa akan semakin meningkat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun