Humaniora

Tradisi Hari Raya Imlek yang Umum Dilakukan di Indonesia

11 Februari 2019   14:36 Diperbarui: 11 Februari 2019   16:27 10 1 0

Dunia ini terdiri dari beraneka ragam negara dengan berbagai ragam pula suku bangsa yang ada di dalamnya.  Indonesia saja memiliki berbagai macam ras, dan suku bangsa yang tinggal di dalamnya. Salah satu masyarakat luar yang telah banyak tumbuh dan berkembang di Indonesia adalah masyarakat Tionghoa atau masyarakat Tiongkok. Bahkan, terdapat sekumpulan masyarakat Tiongkok di Indonesia yang tinggal di Kampung Tiongkok.

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti telah mengenal hari dimana masyarakat Tionghoa merayakan tahun barunya. Hari tersebut dinamakan Hari Raya Imlek. Hari Raya Imlek juga telah masuk dalam deretan hari libur nasional dalam Kalender Nasional Indonesia. Banyak perayaan yang dilakukan oleh orang-orang keturunan Tionghoa yang hidup di Indonesia seperti perayaan Cap Go Meh dan penyulutan meriah kembang api dimana-mana.

Tradisi Perayaan Tahun Baru Imlek
Selain adanya Promo Imlek di berbagai toko online yang terpercaya dan ternama di Indonesia, masyarakat China dan Tionghoa juga merayakan berbagai tradisi perayaan pada hari tersebut. Terdapat masyarakat Tionghoa yang bersembahyang kepada Tuhannya, serta banyak dari mereka yang melakukan perayaan Cap Go Meh. Mereka bersembahyang untuk mendapatkan rezeki yang banyak dan bersilaturahmi kepada sesama anggota keluarga.

Masyarakat Tionghoa pada jaman dulunya dikenal sebagai masyarakat agraris seperti halnya dengan masyarakat yang tinggal di Indonesia. Sebagian besar dari mereka adalah petani. 

Ketika masa panen tiba dengan suasana cerah ceria diiringi musim semi yang sedang bermula, mereka mengucapkan Gong XI Fa Cai. Arti dari kata yang cukup populer di hari imlek tersebut adalah selamat serta semoga mendapatkan banyak rezeki. Mari bahas 5 tradisi unik imlek yang biasa terjadi dilakukan beberapa orang.

Ada berbagai tradisi unik imlek yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Tionghoa. Sebagian dari tradisi ini mungkin sudah dikenal oleh masyarakat dari suku lainnya. Lalu, tradisi apa sajakah yang menarik di hari imlek tersebut?

Bersih-bersih rumah
Bersih-bersih rumah dilakukan menjelang imlek yang diharapkan rumah akan mampu menampung keberuntungan yang akan datang. Masyarakat dilarang menyapu atau membersihkan rumah di hari imlek karena mereka menganggap mengusir keberuntungan.

Angpao
Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya angpao? Ketika Anda mendapatkan angpao di hari imlek, Anda bisa menggunakannya untuk berbelanja promo imlek di tahun ini lho. Ketika hari raya tahun baru imlek tiba, banyak anak yang merasa sangat senang karena mendapatkan banyak angpao dari orang tua dan kerabat mereka.

Kembang api
Nah, selain adanya Promo Imlek di berbagai toko online, hal menarik lainnya dari tahun baru China ini adalah kembang api. Kembang api merupakan hal yang paling identik dengan perayaan imlek. Suara gaduh dari kembang api yang dinyalakan dan diledakkan dianggap akan membuat makhluk jahat menjadi ketakutan. Apabila hujan, kembang api pun tidak dirayakan. Namun hujan di hari imlek mereka simbolkan dengan tanda datangnya rezeki.

Memakai warna merah
Hal menarik lainnya dari perayaan tahun baru imlek adalah warna merah. Anda pasti akan melihat suasana berwarna merah pada saat perayaan imlek bukan? Nuansa merah mereka anggap dapat mengusir makhluk buas yang datang menghampiri mereka. Konon, di saat pergantian tahun China, makhluk buas dari gunung maupun dari laut akan datang. Namun, makhluk tersebut takut dengan warna merah. Itulah mengapa Anda akan melihat nuansa merah saat perayaan imlek.

Berkunjung ke keluarga besar
Sama seperti halnya ketika lebaran bagi muslim dan natal bagi umat kristiani, orang-orang China juga berkunjung ke kerabat dan saudara mereka saat Imlek tiba. Banyak orang Tionghoa yang akan pulang kampung ketika Imlek tiba untuk bertemu dengan anggota keluarga dan kerabat mereka.

Itulah beberapa tradisi menarik imlek yang dilakukan oleh masyarakat China dan Tionghoa. Perayaan imlek menjadi lebih berwarna dan lebih menarik tentunya ketika Anda memiliki barang yang baru. 

So temen-temen sudah siap dapet angpao belum? Atau lagi prepare nih untuk ngasih angpao. Apapun tradisinya yang terpenting mungkin bagaimana teman-teman memaknai Hari Raya Imlek untuk menjadikan tahun-tahun selanjutnya menjadi lebih baik. Selamat Hari Raya Imlek 2017 Kompasiana, Gong Xi Fa Cai!