Bola

Wakil Asia di Piala Dunia 2018, Siapa yang Bisa Beri Kejutan?

13 Juni 2018   12:59 Diperbarui: 13 Juni 2018   18:10 800 0 0
Wakil Asia di Piala Dunia 2018, Siapa yang Bisa Beri Kejutan?
Sumber: www.newsweek.com

Piala dunia 2018 akan segera berlangsung. Tentu demam bola sedang menjangkit seluruh masyarakat dunia saat ini. Jutaan pasang mata akan fokus ke Rusia untuk melihat bagaimana perjuangan setiap negara memperebutkan tropi Piala Dunia. Sebagai bagian dari masyarakat benua Asia tentu sangat menarik melihat sampai sejauh mana negara negara Asia mampu memberikan kejutan di Piala Dunia edisi kali ini.

Tahun ini Asia diwakili oleh 5 tim yakni Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, Iran dan Australia. Menjadi catatan menarik karena baru pertama sekali Asia mengirimkan 5 wakilnya untuk bertarung di Piala Dunia. 

Berbicara mengenai prestasi, tentu belum hilang dari ingatan bagaimana Korea Selatan yang walaupun saat itu dibumbui oleh banyak hal kontroversial mampu menembus babak semifinal pada saat menjadi tuan rumah tahun 2002. Di semifinal mereka akhirnya ditumbangkan oleh Jerman yang bermain cukup brilian. Prestasi Korea Selatan ini menjadi prestasi terbaik dari negara Asia sejauh ini. Maka, pada Piala Dunia tahun ini siapa yang mampu memberi kejutan? Berikut analisis penulis :

1. Korea Selatan

Korea Selatan tampil kurang meyakinkan di kualifikasi piala dunia tahun ini. Namun bagaimana pun juga tim ini merupakan tim langganan piala dunia dari benua Asia. Jika pada edisi sebelumnya Korea Selatan memiliki sosok Park Ji Sung, saat ini sosok penyerang klub tottenham Son Heung Min bisa menjadi senjata ampuh Korea Selatan.

Namun jika dilihat dari komposisi penghuni grup F yakni juara bertahan Jerman, Meksiko dan Swedia maka tim asuhan Shin tae-yong ini butuh banyak keringat untuk memastikan lolos dari fase grup. Jika dilihat dari inkonsistensi permainan Korea Selatan pada fase grup dan jika tak mampu berbenah saya prediksi Korea Selatan belum mampu memberi kejutan pada Piala Dunia tahun ini.

2. Iran

Iran merupakan Juara Grup A kualifikasi Piala Dunia dari zona AFC round 3. Iran memiliki sosok pelatih berpengalaman di tangan arsitek asal portugal yakni Carlos Queiroz. Iran juga memiliki kedalaman skuat dan memang skuat yang dimiliki oleh Iran banyak yang bermain di liga liga eropa. Jika dilihat dari komposisi grup B yang dihuni oleh Maroko, Spanyol dan Portugal maka tim ini juga saya prediksi akan sangat sulit membuat kejutan di edisi piala dunia tahun ini.

Kita sama sama tahu bahwa Spanyol merupakan mantan juara dunia dan eropa dan terakhir portugal dengan Cristiano Ronaldo nya mampu membuat kejutan menjadi Juara di Piala Eropa. Tetapi bagaimana pun juga sosok pelatih Iran, Carlos Queiroz sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan mendalam tentang sepakbola eropa terlebih portugal. Sehingga sosok Queiroz dapat menjadi senjata mematikan bagi lawan, tinggal bagaimana skuad Iran mampu menerapkan taktik yang dibuat oleh Pelatih berkebangsaan Portugal tersebut. 

3. Arab Saudi

Skuat asuhan pelatih asal Spanyol Pizzi ini merupakan tim berikutnya yang mewakili benua Asia. Bergabung di Grup A dengan Tuan Rumah Rusia , Mesir dan Uruguay. Menariknya Arab Saudi akan bermain di laga pembuka Piala dunia edisi 2018. Tentu Tuan Rumah dengan didukung  langsung  oleh puluhan ribu suporter yang hadir ke stadion tak mau dibuat malu pada partai pembuka ini.

Tampil perdana juga tentu menghadirkan tekanan yang berbeda. Kondisi ini jika tak mampu dikendalikan oleh Arab Saudi dapat menjadi boomerang bagi mereka. Belum lagi lawan berikutnya adalah tim yang sangat bagus yakni Mesir dengan M. Salah dan juga Uruguay tim Amerika Selatan yang bertabur Bintang. Maka saya memprediksi Arab Saudi pun tak mampu menghadirkan kejutan tahun ini.

4. Jepang

Tim berikutnya adalah Jepang, yang juga merupakan tim langganan piala dunia. Tim ini berisi pemain yang cukup berpengalaman seperti Hasebe, Nagatomo, Honda, Kagawa dan tentu saja superstar dari tim leicester city Shinji Okazaki. Jika dilihat dari komposisi grup yang dihuni oleh Polandia, senegal dan kolombia tentu Jepang mampu memberikan perlawanan dan kejutan di Fase Grup Piala Dunia tahun ini. Namun bila lolos ke fase gugur pun tim ini sudah ditunggu oleh tim kuat seperti Belgia dan Inggris. Cukup berat peluang untuk membuat kejutan tahun ini.

5. Australia

Tim yang baru bergabung ke zona AFC ini bergabung bersama Prancis, Denmark dan Peru. Kalau dilihat dari komposisi grup maka Australia akan mampu lolos dari fase ini. Namun di babak gugur mereka sudah ditunggu oleh tim kuat calon juara seperti Argentina dan kroasia. Jika dilihat dari peluang untuk menjuarai grup agar terhindar dari Argentina cukup sulit mengingat ada Prancis yang juga siap tampil habis habisan agar terhindar dari Argentina di fase berikutnya. Maka saya prediksi Australia pun sangat sulit untuk membuat kejuatan tahun ini.

Namun Bola itu bundar, bola bukan hitung hitungan diatas kertas, segala kemungkinan masih mungkin terjadi. Mari sama sama menyaksikan keindahan sepakbola melalui Piala dunia tahun ini. 

Salam.........................