Mohon tunggu...
Erwin Saputra Siregar
Erwin Saputra Siregar Mohon Tunggu... Dosen - Ikatlah Ilmu dengan Menulisnya

Baca Tulis, Tulis Baca

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Accouting Study Club Series 1 (Pengantar Akuntansi)

31 Agustus 2021   12:07 Diperbarui: 31 Agustus 2021   12:15 276 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ACCOUNTING STUDY CLUB 

IKAASY (IKATAN ALUMNI AKUNTANSI SYARIAH) 

FEBI UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI

"PENGANTAR AKUNTANSI"

Pada tanggal 14 Agustus 2021 telah dilaksanakan pelatihan akuntansi yang di adakan oleh IKAASY (Ikatan Alumni Akuntansi Syariah Fakulatas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin). melalui aplikasi Zoom yang dilakukan pada pukul 19.30 WIB sampai dengan 21.00 WIB (90 Menit). Acara ini dihadiri langsung Ketua Program Studi Akuntansi Syariah, Ibu Mellya Embun Baining S.E., M.E.I dan Sekretaris Program Studi Akuntansi Syariah, Bapak Erwin Saputra Siregar S.E.I., M.E. serta Mahasiswa/i Akuntansi Syariah.

Dalam kegiatan ini penyampaian materi oleh saudara Ahmad Soleh Abdul Jafar dan di moderatori oleh saudari Nurjanah yang merupakan Alumni Akuntansi Syariah 2021, materi yang disampaikan ialah mengenai Pengantar Akuntansi, yang mana materi ini merupakan fondasi penting dalam ilmu akuntansi. Pemateri menyampaikan 5 poin penting dalam Akuntansi, antara lain: 1) Definisi Akuntansi, 2) Persamaan Dasar Akuntansi, 3) Siklus Akuntansi, 4) Akun-Akun dalam Akuntansi, 5) Posisi Akun.

Dalam kegiatan sharing ini dilakukan pembicaraan dua arah baik dalam materi atau ketika di bukanya sesi tanya jawab, Saudari Intan Rizkiana dan Hesti Bintang Pratiwi mahasiswi semester satuyang aktif baik itu memberikan pendapat ataupun mengajukan pertanyaan, mereka sangat antusias begitu pula yang lain dikarenakan perkuliahan masih melalui daring sehingga mereka memanfaatkan momen ini untuk menanyakan secara jelas mengenai materi yang disampaikan. Pertanyaan yang diberikan ialah bagaimana cara agar memahami pembuatan jurnal dan apa perbedaan dari peralatan dan perlengkapan.

Sebelum ditutup Ketua Prodi Akuntansi Syariah Ibu Mellya Embun Baining S.E., M.E.I menyampaikan agar selalu menjaga kesehatan dan berharap kegiatan ini dapat berlanjut seterusnya untuk terus meningkatkan pengetahuan yang mendalam mengenai Akuntansi Syariah. Moderator juga menambahkan kata akhir sebagai anggota dari IKAASY yang mana menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan oleh IKAASY dan diharapkan Mahasiswa/i Akuntansi Syariah tetap ikut serta dalam kegiatan ini serta ke depannya dapat berjalan secara terus-menerus. Tak lupa pula menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Program Studi Akuntansi Syariah, Ibu Mellya Embun Baining S.E., M.E.I dan Sekretaris Program Studi Akuntansi Syariah, Bapak Erwin Saputra Siregar S.E.I., M.E yang dapat berkesempatan hadir dalam acara kegiatan ini.

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan