Mohon tunggu...
Erwin J manarna
Erwin J manarna Mohon Tunggu... Administrasi - Mitra Pengemudi Yang Menulis

Indahnya berbagi cerita sebuah catatan dari jalanan

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Artikel Utama

Cara Unik Lawan Kantuk ala Mitra Pengemudi Online

19 Mei 2022   10:16 Diperbarui: 24 Mei 2022   06:40 1436
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi pengemudi|  sumber: pexels

Malam sudah semakin larut dan jalan sudah mulai lengang, rasa lelah membayangi setelah seharian bekerja. Kalo sudah begini tentu saya balik kanan mengarah pulang sambil mendengarkan musik dan lagu-lagu kesukaan.

Walaupun tidak terlihat petugas jalan raya,  tetap penting bagi saya menjalani aturan sesuai petunjuk rambu dan marka jalan. Saya pacu kendaraan menyesuaikan batas kecepatan minimum 60km/jam dan maksimum 100km/jam di dalam Tol.

Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) konon katanya adalah tol pertama di Indonesia yang merupakan jalur penghubung kota Jakarta sampai Bogor dan Ciawi.

Saya lebih memilih jalur ini menuju arah pulang, ketimbang jalur non tol yang jaraknya semakin jauh berputar dan melewati titik kemacetan, terutama pasar Kramat Jati yang sangat ramai di malam hari.

Posisi saya berada di jalur 3 karena di jalur 1 dan 2 biasanya masih ada truk yang melaju dengan kecepatan rendah.

Tampak dari kejauhan lampu rem beberapa  kendaraan di depan sana menyala dan terlihat berpindah jalur seperti menghindari sesuatu.

Benar saja, setelah saya mendekat ternyata ada mobil seorang rekan sesama pengemudi online yang mengantuk berkendara pelan di jalur 3. 

Ya tuhan! Hal ini sangat membahayakan.

Mengantuk atau rasa kantuk terutama saat berkendara bisa sangat membahayakan bukan hanya diri sendiri tapi juga pengendara lain.

Hal ini bisa  disebabkan banyak faktor, salah satunya kelelahan (fatigue). Dalam sebuah diskusi sesama mitra pengemudi tentang bagaimana cara kita melawan kantuk, saya mencatat beberapa cara unik teman-teman mengatasi hal tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun