Mohon tunggu...
Erwin Komara Mindarta
Erwin Komara Mindarta Mohon Tunggu... Dosen - Mechanical Engineering Department, The Learning University

Just Do It Tomorrow

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Artikel Utama

Unik, Panen Salak Pakai Baju Besi

2 November 2022   21:00 Diperbarui: 3 November 2022   11:01 896
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Memanen salak dengan baju besi. (Foto: Dokumentasi Pribadi)

KAB. MALANG - Proses pemanenan buah salak harus dikerjakan secara teliti untuk memilih buah mana yang layak panen. Untuk buah salak yang telah matang, biasanya dapat dipetik hanya menggunakan tangan. 

Masalahnya adalah ketika buah salak yang hendak dipanen berada di tengah-tengah pohonnya dan tertutup oleh duri-duri, maka proses panen salak menjadi sulit.

Di Desa Sukodono, Kec. Dampit, Kabupaten Malang-Jawa Timur banyak terdapat kebun salak, salah satunya kebun salak milik Bapak Jumadi

Pak Jumadi, salah seorang petani salak yang juga merupakan ketua kelompok tani salak di Desa Sukodono, selama ini kesulitan memanen salak yang terlanjur di tengah pohon dan tertutup duri. 

Ketika itu Pak Jumadi harus merelakan salah satu sisi pohon salak untuk ditebang agar salak dapat diambil tanpa risiko.

Cara tersebut praktis, tapi merugikan petani. Metode tebang salah satu sisi pohon salak berdampak mengurangi pohon salak dewasa. 

Penanaman kembali pohon salak sampai dengan dewasa membutuhkan waktu minimal 6 bulan baru bisa dipindahkan ke lapangan, kata Pak Jumadi.

Tim pelaksana pengabdian masyarakat dari Departemen Teknik Mesin Universitas Negeri Malang (UM) yang diketuai oleh Erwin Komara Mindarta, S.Pd, M.Pd menjawab kebutuhan Pak Jumadi.

Bersama anggota kelompok taninya, dengan memberikan solusi Inovasi TTG baju besi untuk panen salak, melalui program pengabdian kemitraan masyarakat internal UM 2022.

Baju besi ini merupakan inovasi TTG yang dikembangkan berdasarkan hasil diskusi pengusul dengan Pak Jumadi pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun sebelumnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun