Mohon tunggu...
Ervinto azhari
Ervinto azhari Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Manajemen Industri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Pendidikan dalam Berteknologi

31 Juli 2021   23:27 Diperbarui: 1 Agustus 2021   00:10 20 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Pendidikan dalam Berteknologi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pernahkah anda melihat komentar negatif yang dilayangkan kepada public figure, atau bahkan anda pernah mengalaminya sendiri? sangat meresahkan bukan?. Komentar-komentar negatif itu sayangnya sering kita jumpai di kolom komentar media sosial manapun. Hal tersebut tentu sangatlah memprihatinkan, terlebih apabila komentar tersebut datang dari warganet Indonesia yang sejatinya terkenal akan keramahtamahan penduduknya.

Nyatanya, hasil riset yang telah dilakukan oleh perusahaan teknologi perangkat lunak Microsoft beberapa waktu lalu, menyatakan bahwa Indonesia menempati posisi pertama sebagai negara paling tidak sopan se-Asia Tenggara. Lantas, hal ini pun mengundang reaksi heboh warganet Indonesia, tak sedikit yang melayangkan komentar negatif berupa hinaan dan cacian di kolom komentar akun Instagram resmi Microsoft. Hal itu pun justru membuktikan apa yang hasil riset perusahaan teknologi perangkat lunak tersebut nyatakan sebelumnya.

Apa jadinya, negara Indonesia yang terkenal akan keramahtamahannya juga dikenal sebagai negara paling tidak sopan se-Asia Tenggara. Tentu saja hal ini sangat disayangkan. Hal itu juga membuktikan tingkat pendidikan rakyat Indonesia yang rasanya amat kurang dalam membentuk karakter manusia beretika dan bertata krama baik.

Pendidikan di Indonesia sendiri juga saat ini sedang mengalami kesulitan. Proses belajar-mengajar yang biasanya dilakukan tatap muka, terpaksa harus dilakukan secara daring karena adanya pandemi virus Corona. Tentu ini menjadi tantangan baru bagi guru-guru untuk membentuk karakter murid yang beretika dan bertata krama baik. Padahal, karakter tersebut sangat diutamakan dalam kehidupan manusia, sehingga perundungan dan komentar-komentar negatif yang bersebaran di seluruh media sosial dapat dihindari.

Meskipun begitu, pendidikan tidak hanya didapat dari sekolah, seperti yang kita ketahui pendidikan bisa didapat dari mana saja. Sebagai orangtua, kita juga memiliki kewajiban dalam mendidik dan membentuk karakter anak yang berbijak dalam melakukan sesuatu, contohnya dalam kasus ini adalah bijak dalam bermedia sosial ataupun menggunakan gawai. 

Seperti dilansir Klikdokter, menurut William Henry Gates III atau yang lebih sering kita kenal dengan panggilan Bill Gates, usia yang tepat seorang anak untuk boleh mengoperasikan gawai adalah 14 tahun. Di umur tersebut diyakini anak sudah mulai dapat membedakan mana yang positif dan negatif.

Mendidik anak untuk lebih bijak dalam bermedia sosial tidaklah mudah di zaman sekarang ini, dengan itu, dibutuhkan ketegasan untuk mengontrol anak demi masa depan anak yang lebih baik. Walaupun sulit, hal tersebut sangatlah penting untuk dilakukan.

Melihat dampak yang terjadi karena kurangnya pendidikan dalam beretika dan bertata krama baik, diharapkan kita semua dapat turut andil untuk lebih bijaksana dalam bermedia sosial dan hindari memberikan akses anak dibawah umur untuk berselancar bebas di dunia maya tanpa adanya pantauan dari orang dewasa, mengurangi pemakaian gawai berlebihan juga diyakini dapat meminimalisir konsumsi konten-konten negatif di dunia maya.

 Jangan sampai keteledoran dan kata-kata yang kita ketik di dunia maya dapat menyakiti maupun merugikan pihak manapun. Upaya-upaya tadi merupakan beberapa contoh dari banyaknya upaya yang dapat kita semua lakukan selama berselancar di dunia maya dan bermedia sosial. Semoga, dengan pendidikan beretika dan bertata krama yang baik dapat membuat kita bisa lebih bijak dalam melakukan sesuatu di dunia maya maupun di dunia nyata. Walaupun tidak mudah melakukannya, hal tersebut mau tidak mau harus kita lakukan demi masa depan Indonesia yang lebih sopan dan lebih baik dimata dunia.


Daftar Pustaka
CNN Indonesia (27/07/21)
Survei Microsoft: Netizen Makin Tidak Sopan
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210727095528-185-672622/survei-microsoft-netizen-makin-tidak-sopan.
Klikdokter (27/07/17)
Usia Berapa Anak Boleh Menggunakan Gawai?
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3037417/usia-berapa-anak-boleh-menggunakan-gawai

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x