Mohon tunggu...
Ervinna Citra
Ervinna Citra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN Tematik UPI 2021: Urgensi Media Pembelajaran dalam Masa Pandemi Covid-19

30 Juli 2021   08:05 Diperbarui: 30 Juli 2021   08:23 26 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Urgensi Media Pembelajaran dalam Masa Pandemi Covid-19
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Beberapa tahun ke belakang dunia dikejutkan oleh keberadaan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Virus ini mendadak menjadi sangat terkenal dan dicap mengerikan karena telah merengut nyawa ratusan bahkan ribuan orang. Hingga pada akhirnya, tepatnya pada bulan Maret 2020, World Health Organization (WHO) mengumumkan bahwa wabah Covid-19 ini menjadi sebuah pandemi global. Pemerintah pun akhirnya membuat beberapa kebijakan sebagai upaya untuk mengurangi resiko penyebaran Covid-19. Salah satu kebijakan yang dibuat pemerintah adalah mengharuskan seluruh kegiatan dilakukan dari dalam rumah. Akibatnya, segala aktivitas yang dilakukan manusia pun dibatasi dan masyarakat harus beradaptasi dengan hal-hal yang baru, begitupun dengan dunia pendidikan.

Adanya pandemi ini membuat sekolah tidak dapat melangsungkan pembelajaran secara tatap muka. Sebagai alternatif, sekolah memberlakukan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring. Namun, perubahan dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran daring ini bukan suatu hal yang mudah. Pembelajaran daring merupakan sebuah tantangan baru bagi para pendidik karena mereka harus mengembangkan pendidikan dengan memanfaatkan teknologi. Pendidik dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran agar para siswa tidak mengalami kejenuhan. Oleh karena itu, salah satu alternatif yang digunakan pada pembelajaran daring adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran.

Pada saat pembelajaran daring, penggunaan media pembelajaran menjadi sangat penting. Media pembelajaran digunakan dengan tujuan dapat mempermudah penyampaian materi kepada siswa. Selain itu, media pembelajaran yang menarik dapat membangkitkan keinginan siswa untuk belajar. Media pembelajaran mempunyai pengaruh besar terhadap perolehan pengetahuan dan keterampilan para siswa. Oleh karena itu, pembuatan media pembelajaran diharapkan agar se-kreatif mungkin agar para siswa dapat menerimanya dengan mudah dan tidak merasa bosan.

Dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pencegahan dan Penanggulan Dampak Covid-19, penulis melakukan KKN di salah satu sekolah yang berada di Cimahi. Salah satu kegiatan KKN yang dilakukan adalah mendesain, membuat, dan melengkapi media pembelajaran daring untuk jenjang pendidikan yang telah ditentukan. Dalam menlaksanakan kegiatan tersebut, penulis menggunakan media PowerPoint, Canva, Animaker dan lain-lain. Dalam proses pembuatannya sendiri, penulis melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan para guru mengenai materi dan media apa yang akan diberikan kepada para siswa. Media pembelajaran yang telah didesain dan dibuat pun mendapatkan respon yang positif dari para guru dan siswa. Media pembelajaran tersebut sangat membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Pemanfaatan media pembelajaran yang dilakukan dengan baik tentunya akan membantu siswa dalam mempelajari dan memahami pelajaran yang disampaikan. Media pembelajaran yang menarik terbukti dapat membangkitkan semangat dan antusias siswa dalam belajar. Dengan demikian, penulis mengharapkan pembuatan media pembuatan yang telah dilakukan dapat dijadikan sebagai contoh bagi para pendidik dalam membuat media pembelajaran untuk kedepannya. Sudah sepatutnya, dalam masa pandemi seperti ini para guru harus lebih kreatif agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Ervinna Citra Julianingsih

DPL: Mela Darmayanti, M.Pd.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN