Mohon tunggu...
Erva Linawati
Erva Linawati Mohon Tunggu... Cca'03

Just for task

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia di Wilayah NKRI

2 Desember 2020   04:53 Diperbarui: 2 Desember 2020   04:58 8 1 0 Mohon Tunggu...

            Indonesia merupakan negara yang penuh dengan keberagaman, seperti keberagaman bahasa, budaya, suku dan keberagaman lainnya. Makin banyak keberagaman yang dimiliki, maka semakin banyak juga keunikan yang terdapat didalamnya. Contohnya saja keragaman bahasa, bahasa yang dimiliki bangsa Indonesia saat ini sangat banyak sekali seperti bahasa Sunda, Jawa, Madura, Bugis, Aceh dan masih banyak lagi bahasa-bahasa di daerah lainnya.

           Dengan memiliki bahasa yang sangat beragam, tidak memungkinkan jika kita menggunakan bahasa daerah kita sendiri saat berkunjung ke wilayah Indonesia lainnya. Pastinya penduduk sekitar tidak paham dengan apa yang kita bicarakan. Maka dari itu pemerintah Indonesia menetapkan bahwa bahasa Indonesia menjadi bahasa kesatuan atau bahasa nasional di negara Indonesia. Dengan diangkatnya bahasa Indonesia sebagai bahasa kesatuan, kita sebagai WNI harus bisa melestarikan dan membudayakannya.

          Dengan cara apa kita bisa melestarikan bahasa Indonesia ? Kita bisa melestarikannya dengan selalu menggunakan bahasa Indonesia di kehidupan sehari-hari. Kita juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai edukasi tentang pentingnya penggunaan bahasa Indonesia di wilayah NKRI. Agar penggunaan bahasa Indonesia tidak kalah dengan bahasa asing lainnya. Kita boleh berbicara atau belajar bahasa lain selain bahasa Indonesia, agar wawasan kita semakin bertambah. Tetapi kita juga harus mempertahankan bahasa nasional kita, karena bahasa Indonesia merupakan identitas dari negara kita.

           Dengan cara diatas diharapakan bahasa Indonesia masih tetap bisa terbudayakan dan bertahan sampai akhir masa nanti. Yukk berbicara menggunakan bahasa Indonesia :) 

Nama : Erva Riafinola L

NIM/Prodi : 2330019019/S1 Gizi

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

VIDEO PILIHAN